Syafruddin Gelar Sosbang, Mengajak Semua Masyarakat Indonesia untuk Selalu Guyub dan Rukun

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Anggota DPRD Provinsi Kaltim Syafruddin menggelar kegiatan Sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) di lingkungan RT 59 Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, Minggu (22/1/2023).

Dalam sambutannya, Syafruddin mengatakan jika sosialisasi ini bertujuan agar kita sebagai warga bangsa memiliki kekuatan untuk melawan pengaruh yang ingin memecah belah bangsa dan negara, baik dari luar maupun dalam.

“Saya selaku wakil rakyat mendapat tugas untuk kembali membuka wawasan kebangsaan dalam Pancasila, Undang-Undang 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ucap Politikus PKB.

Dijelaskan jika ini adalah pondasi hidup dalam berbangsa dan bernegara serta sebagai kekuatan bangsa, mengingat Indonesia sebagai nomor 4 terbesar di dunia. Maka itu ia mengajak semua masyarakat Indonesia untuk selalu guyub dan rukun.

“Dan kondisi ini harus terus dipeliharan agar tidak mudah dipecah belah, dan untuk paparannya akan disampaikan Pak Danramil 01 bagaimana agar keutuhan bangsa kita tetap solid,” ujarnya.

Lebih jauh, Danramil 0905-01/Balikpapan Utara-Tengah Mayor Czi Eko Miyanto menerangkan, sosbang ini bertujuan agar para peserta dapat mengaplikasikan wawasan kebangsaan da  bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Wawasan kebangsaan memiliki arti bahwa cara pandang suatu bangsa terhadal diri dan kelompok yang meliputi darat, laut dan udara dalam penyelenggaraan bangsa dan bernegara yang mencakup IPOLEKSOSBUD HANKAM.

“Hal ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan komponen bangsa dalam menegakkan kedaulatan serta NKRI,” jelas Eko Miyanto.

Adapun beberapa penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara, antara lain dari generasi muda sebagai penerima tahta kepemimpinan dimasa depan, dan generasi muda sebagai incaran/target pihak yang ingin menggulingkan, menguasai NKRI dengan cara melunturkan nilai-nilai Pancasila dengan narkoba, minum-minuman, budaya asing yang tidak sesuai adat istiadat serta pergaulan bebas.

“Maka itu perlu penerapan wawasan nusantara dalam kehidupan masyarakat dengan mendukung persatuan dan kesatuan, berpikir dan berpandangan yang luas, memiliki rasa bela negara, berdisiplin dalam bermasyarakat, memanfaatkan ilmu teknologi untuk kepentingan umat, memelihara demokrasi, menciptakan kerukunan umat beragama, menjunjung tinggi hukum dan pemerintah, serta mengembangkan masyarakat lebih maju,” terangnya.

Sementara Ketua RT 59 GSI Sutrisno mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, karena dengan bantuan penerangan lampu jalan itu lingkungan RT 59 kembali terang. (mys/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.