Gerakan Bebas Stunting Dengan Berbagi Makanan Sehat, Suwanto : Karena 1000 Hari Awal Kehidupan Sangat Penting

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Berdasarkan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Sekretaris DCP PDIP Balikpapan Suwanto menggelar Gerakan Bebas Stunting dengan berbagi makanan sehat untuk warga Balikpapan.

Sementara kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa RT yakni RT 65, 66, 68, dan 69 dengan menyasar kurang lebih 200 orang, di wilayah Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah, Senin (23/1/2023).

Gerakan bebas stunting ini dilaksanakan guna untuk mencegah terjadinya stunting sejak dalam kandungan dan kehidupan anak 1000 hari. Mengingat stunting ini menjadi hal penting yang perlu diperhatiin ibu hamil dan balita.

Suwanto menerangkan, selain memberikan makanan sehat untuk ibu hamil dan balita, pihaknya juga mengundang PPK Kecamatan dari Pokja IV dan Puskesmas untuk sosialisasikan pentingnya menjaga pola makan sejak hamil.

“Jadi kami bersama ibu-ibu PKK mengolah makanan untuk orangtua dan anak-anak serta ibu hamil yang hadir,” ujar Sekretaris DPC PDIP.

Antusias Masyarakat untuk Mengetahui Pentingnya Pola Makan Anak Hamil Hingga 1000 Hari Kehidupan.

Bahkan makanan sehat ini sudah di diskusikan dengan ahli gizi di Puskesmas. Dan olahan makanan yang dibuat pun bisa menjadi contoh untuk orangtua ketika ingin masak untuk anak-anaknya agar tidak terlihat biasa.

Lanjutnya, karena 1000 hari itu sangat penting, maka dari awal kehamilan sampai dengan anak umur 2 tahun untuk bisa mencegah stunting.

“Maka itu sasaran hari ini bukan untuk seluruh warga, tetapi ibu hamil dan balita. Karena sesuai dengan apa yang diperintahkan partai dan tepat di ulang tahun Ibu Megawati hari ini (23/1) ke 76 rahun,” akunya.

Permintaan terkait dengan rutinya kegiatan ini, ia minta agar ibu-ibu PKK dapat terlibat, supaya bisa memberikan kegiatan yang rutin. Apalagi ada kegiatan Posyandu yang digelar setiap bulan.

“Tentu kami dari PDI Perjuangan akan terus support setiap kegiatan dalam mencegah stunting, salah satunya dalam pemberian makanan setiap saat kegiatan penimbangan,” paparnya. (mys/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.