30 Anggota PPK Dilantik Ketua KPU Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebanyak 30 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK yang telah menjalani tes tertulis dan tes wawancara dan dinyatakan lolos dilantik dan diambil sumpahnya oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU kota Balikpapan di Ballroom Hotel Royal Suite pada Sabtu (29/02). Petugas PPK ini akan bekerja selama sembilan kedepan pada pelaksanaan tahapan Pilkada Balikpapan tahun 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan sebelum anggota PPK dilantik mereka harus melalui uji tes tertulis dan wawancara, termasuk mendengar tanggapan masyarakat terkait kredible anggota PPK yang telah lulus tersebut.

“Mereka inilah yang lolos dari tes yang di lakukan oleh KPU kota Balikpapan, termasuk tanggapan masyarakat, sehingga hari ini kita lakukan pelantikan,” ucapnya.

Nantinya, 6 anggota PPK masing-masing akan ditempatkan di 6 kecamatan yang ada di kota Balikpapan, Setelah pelantikan,  dalam tiga hari kedepan anggota PPK kemudian membentuk Sekretariat di masing-masing kecamatan.

“Mereka akan ditempatkan di enam kecamatan di Balikpapan dan akan membentuk sekretariat di masing-masing kecamatan,” tambah Thoha.

Dimana dimasing-masing Sekretariat ini, nantinya ada pegawai fungsional yakni Sekretaris,Bendahara dan Bagian Tekhnis. Untuk sekretariat  wajib difasilitasi Pemerintah Kota Balikpapan termasuk pegawai sekretariat.

Usai dilantik Panitia Pemilihan Kecamatan akan dilibatkan untuk perekrutan Panitia Pemungutan Suara atau PPS. Anggota PPK dilibatkan dalam wawancara untuk perekrutan PPS ini, agar PPS memiliki rasa kepatuhan dan keseganan terhadap PPK yang sudah kita lantik hari ini, pungkas Thoha.

(Adv/ Idris/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *