65 Persen Anggaran Pilkada Balikpapan Sudah Terserap, Terbesar Honor Petugas KPPS

Balikpapan, Metrokaltim.com – Anggaran Pilkada Kota Balikpapan tahun 2020 sebesar Rp 53 miliar, sejauh ini serapan anggaran sudah mencapai 65 persen atau sekira lebih Rp 25 miliar. Sampai saat ini serapan anggaran pun masih terus berjalan, karena setiap harinya KPU Kota Balikpapan terus mengeluarkan anggaran.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan, Syabrani mengatakan, untuk anggaran covid-19, baru-baru ini KPU menerima anggaran dari APBN sebesar Rp 12 miliar. “Sebelumnya ada Rp 1,7 miliar untuk kegiatan hingga Juli. Ya itu untuk pelantikan, PPS, sampai PPDP,” ungkapnya, Senin (28/9).

Anggaran tersebut digunakan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) petugas penyelenggara.

Serapan anggaran terbesar yang dikeluarkan oleh KPU lanjut Syabrani adalah biaya sosialisasi. Sedangkan, anggaran untuk pencalonan sendiri tidak terlalu besar.

“Sosialisasi dan honor terbesar. Tapi nanti Saat logistik akan masuk sosialisasi berkurang. Kita akan fokus kepada logistik. Artinya seperti pemasangan baliho, sosialisasi keliling,” sebutnya.

Serapan anggaran juga dihabiskan untuk tes kesehatan pasangan calon seperti yang dilaksanakan di pencalonan beberapa waktu lalu. “Yang jelas sebelum kami menentukan anggaran suatu kegiatan, kami verifikasi dahulu. Seperti anggaran kesehatan kemarin,” katanya.

Serapan terbesar lainnya, pada honor petugas. Mulai dari PPK, PPS, PPDP. “Nanti honor paling besar ada di KPPS. Sekira 13 ribu orang. Hampir Rp 13 miliar,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *