Ada 1.550 Target Vaksinasi Anak untuk SDN 013 dan 014 Gunung Bahagia

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyampaikan arahan bahwa mulai (13/12) kemarin Indonesia melakukan kick off, untuk pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Namun pelaksanaan Kick off baru dilakukan di daerah kota Balikpapan pada Rabu (15/12), lantaran pihaknya belum melakukan persiapan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan, kick off baru dilakukan hari ini (15/12) dan terkhusus untuk SDN 013 dan 014 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Dua SDN ini dipilih karena posisinya dekat dan kondisi sekolah, guru serta orangtua murid siap menghadirkan anaknya.

“Kami ketahui bahwa prosesnya cukup cepat, karena proses persiapannya hanya sehari, tetapi Alhamdulillah kita lihat semua antusias datang,” kata dr Andi Sri Juliarty saat ditemui di BSCC Dome, Rabu (15/12) pagi.

Sementara untuk target vaksinasi hari ini dari dua sekolah dasar sekitar 1.550 anak. Dan untuk anak-anak lainnya, pihaknya membuka pelayanan vaksinasi di Puskesmas setiap Selasa dan Kamis untuk usia 6-11 tahun.

“Kalau hari Rabu dan Sabtu tetap untuk lansia, karena kami masih mengejar vaksinasi lansia,” ujar dr Dio sapaan akrabnya.

Namun untuk jenis yang digunakan yakni Sinovac, karena hasil penelitian sinovac yang telah selesai diteliti oleh ITAGI, Balai POM IDAI. Dan kemungkinan akan dibuka jenis lain, jika penelitiannya telah selesai.

Dipaparkan, meski anak-anak sedang libur sekolah orangtua tidak perlu khawatir, karena bisa mendapatkan vaksinasi di masing-masing Puskesmas.

Dirinya juga memberikan kesempatan, untuk sekolah yang ingin melaksanakan terpadu di sekolahnya bisa menghubungi Puskesmas setempat, bahkan tim dapat datang ke sekolah.

“Selain itu, kami juga buka pelayanan vaksinasi anak setiap Selasa-Kamis di Dome Balikpapan atau di Gedung Kesenian,” terangnya.

Tegasnya, bahwa sasaran anak sekolah di Balikpapan berjumlah 81.404 anak, berdasarkan data dari Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil). Dan targetnya selesai bulan Februari, karena akan ada persiapan Imunisasi campak rubella setiap tahunnya.

(Mys/Riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *