Dugaan Sementara, Ada 50 Rumah Dilalap Si Jago Merah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Si Jago Merah membuah warga Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat (Balbar) heboh, lantaran tiga RT di Baru Ilir yakni RT 44, 45 dan 47 Jalan Gunung Polisi, Balbar, hangus terbakar, Rabu (15/12) siang.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno memaparkan, kejadian kebakaran yang menghanguskan rumah di kawasan RT 44, 45 dan 47 Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat terjadi sekitar pukul 12.30 Wita, atas laporan dari masyarakat.

“Saat mendapat laporan, kami langsung luncurkan UPT Balikpapan Barat, yang terdekat,” ujar Suseno disela melakukan pendinginan.

Sementara untuk jumlah rumah yang terbakar masih belum tau pastinya, karena masih dalam tahap pendinginan, namun diperkirakan sekitar 50 rumah. Dan ia berharap jumlah tidak sampai segitu banyak.

“Kendala yang dialami, selain disamping api cepat besar dan panas terik, serta angin yang cukup kencang membuat api cepat besar,” keluhnya.

Dari kejadian ini, pihaknya menurunkan kurang lebih 15 unit dari BPBD, 5 unit dari PDAM, 1 dari PT Pertamina Hulu Mahakam dan 1 dari Pertamina RU V, ditambah 4 unit dari water canon dan kepolisian. Serta bantuan dari relawan yang ikut berpatisipasi membantu.

“Pemadaman api berhasil dihentikan sekitar 3 jam sampai tahap pendinginan dan tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Lanjutnya, adapun upaya yang dilakukan, yang mana pihaknya bersama Dinas Sosial, Kecamatan, Kelurahan dan LPM akan melakukan pendataan untuk melakukan penampungan sementara, hanya saja untuk lokasinya masih dikoordinasikan dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *