Metro Kaltim

Akhir Tahun, Pertamina Tambah 783 Ribu Elpiji 3 Kg di Kalimantan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 tinggal hitungan hari. Biasanya, kebutuhan elpiji akan meningkat jelang hari raya tersebut. Namun masyarakat tak perlu risau. Sebab, PT Pertamina (Persero) menjamin kebutuhan elpiji akan selalu tersedia.

Pada akhir tahun ini, Pertamina Marketing Operation Region VI akan menambah 783,040 tabung elpiji kapasitas 3 kilogram (kg) untuk seluruh daerah di Kalimantan. Di Balikpapan sendiri, Pertamina bakal menambah 37 ribu tabung elpiji bersubsidi itu. Sedangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ditambah 11,333 tabung dan Kabupaten Paser ditambah 12,334 tabung.

Manager Region Communication Relation and CSR Kalimantan, Heppy Wulansari mengatakan, penambahan elpiji ini akan dilaksanakan secara bertahap, mulai H-15 dan H+5 Tahun Baru 2020. Dengan adanya penambahan ini, diharapkannya, kebutuhan elpiji bagi masyarakat di Kalimantan pada perayaan Natal dan Tahun baru dapat tercukupi.

“Masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan elpiji 3 kg di pangkalan. Karena mulai hari Sabtu (hari ini, Red) akan dilakukan penambahan pasokan melalui agen setempat. Kami imbau masyarakat untuk membeli sesuai dengan peruntukkan dan kebutuhannya,” katanya, Sabtu (14/12).

Heppy turut memaparkan penggunaan elpiji 3 kg di beberapa daerah di Kaltim sepanjang Januari hingga November 2019. Di Balikpapan, kata dia, realisasi konsumsi elpiji 3 Kg tercatat ada 5,723,666 tabung. Sementara di PPU ada 1,423,333 tabung dan Paser ada 1,748,000 tabung.

Manager Region Communication Relation and CSR Kalimantan, Heppy Wulansari.

Untuk melancarkan pendistribusian elpiji ini, Pertamina telah berkerja sama dengan beberapa pangkalan lokal. Berdasarkan catatan Pertamina, di Balikpapan ada 647 pangkalan, PPU ada 103 pangkalan serta di Paser ada 185 pangkalan elpiji.

Tidak hanya elpiji subsidi. Pertamina juga menjamin elpiji non subsidi akan selalu tersedia di lapangan, seperti Bright Gas kapasitas 12 kg, maupun 5,5 kg. Oleh karena itu, Heppy meminta kepada masyarakat golongan atas untuk membeli elpiji non subsidi ini.

“Kami tidak bosan mengimbau masyarakat yang mampu untuk membeli elpiji Bright Gas dengan keunggulan tabung ringan (5.5 kg), warna yang menarik, dan memiliki teknologi Double Spindle Valve System (keamanan teknologi berkatup ganda). Selain 5,5 kg, Bright Gas juga hadir dengan varian 220 gram, dan 12 kg,” jelasnya.

Selain keunggulan tersebut, lanjut Heppy, Pertamina juga menyediakan promo menarik untuk pembelian Bright Gas. Dia pun memaparkan promo tersebut.

“Sampai tanggal 31 Desember 2019, ada promo khusus pemesanan elpiji Bright Gas, baik beli tabung plus isi atau refill akan mendapatkan diskon Rp 28.500 per tabung untuk varian 12 kg dan diskon Rp 21.500 per tabung untuk varian 5,5 kg,” sebut Heppy.

Dalam upaya pengoptimalan pelayanan Pertamina, masyarakat dapat turut aktif melaporkan kendala dan hambatan yang ditemui terkait pendistribusian elpiji di lapangan. Laporan ini bisa disampaikan melalui call centre 135 atau email ke pcc@pertamina.com.

“Jika masyarakat menemukan ada pangkalan yang kosong, mendahulukan pelayanan kepada pengecer ataupun menjual harga diatas HET, silakan lapor ke Pertamina melalui layanan tersebut,” pungkasnya Heppy.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *