Aksi Nyata Tangani Banjir di Samarinda, Rusmadi Pimpin Bersihkan Parit dan Gorong-Gorong di Sempaja

Samarinda, Metrokaltim.com – Salah satu program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi Wongso yakni penanganan banjir di Kota Samarinda.

Untuk itu, gerakan aksi nyata yang dilakukan Rusmadi Wongso dengan memimpin langsung kerja bakti bersama warga untuk membersihkan parit dan gorong-gorong di simpang empat Sempaja Samarinda, pada Sabtu (27/3).
Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Dinas PUPR, DLH, PMK, Dishub, Satpol-PP serta Camat dan Lurah se-Kecamatan Samarinda Utara.

Rusmadi mengatakan permasalahan banjir di Kota Samarinda tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah saja, namun keterlibatan masyarakat sangat membantu untuk menyelesaikan masalah banjir yang kerap melanda Kota Tepian.

“Kami memang memprioritaskan Simpang empat Sempaja dan Jalan DI Panjaitan, karena lokasi ini menjadi persoalan yang terus mengganggu aktivitas warga dan ekonomi Samarinda,” terang orang nomor dua di Kota Tepian.

Gerakan aksi nyata ini tidak akan berhenti di 100 hari kerja pertama pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda ini saja. Akan tetapi dia memastikan aksi ini akan terus berlanjut.

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi saat memimpin bersih-bersih parit dan gorong-gorong di wilayah Sempaja.

Selain itu lanjut mantan Sekprov Kaltim ini, kegiatan aksi nyata ini juga dilakukan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat Kota Samarinda bahwa dengan gotong royong persoalan-persoalan di Samarinda akan bisa diatasi.

“Ini kan program 100 hari, Nanti kita lihat kita evaluasi lagi setelah 100 hari, apakah banjir berkurang baik dari sisi luasan maupun dari sisi waktunya, kalau program ini bisa menjadi contoh yang bagus, nanti kita replikasi untuk lokasi-lokasi yang lain,” ujarnya.

Bahkan, dia juga menginstruksikan kepada Camat, lurah dan RT untuk mengidentifikasikan apa saja yang menjadi penghambat jalannya air, dan aksi turun ke lapangan sangat membantu untuk mengetahui penyebab permasalahan banjir.

“Kita harus turun ke lapangan, PUPR harus turun ke lapangan, pak camat, pak lurah dan dibantu RT setempat, karena kalau tidak mengecek parit, gorong-gorong kita tidak tahu faktor penghambatnya,” terangnya.

Di tempat yang sama, salah seorang warga Jalan Wahid Hasyim Ardi menuturkan banjir kerap melanda wilayah tersebut ketika hujan turun, ia pun berharap banyak kepada kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi dalam menyelesaikan persoalannya banjir di Kota Samarinda.

“Kami menaruh harapan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru ini, peninjauan lapangan ini jangan hanya dilakukan pas saat baru menjabat saja, namun terus dilakukan, karena dengan begitu pemimpin kita bisa melihat langsung kondisi kita sekarang,” harapanya.
Dalam aksi nyata ini, dua unit alat berat disiapkan di lokasi untuk membongkar dan membersihkan parit dan gorong-gorong di Jalan KH Wahid Hasyim Sempaja, Samarinda.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *