Anak Usia 6-11 Tahun Diarahkan Vaksin, Dengan Syarat yang Sesuai

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pelaksanaan vaksinasi masih terus digencar dilakukan, salah satunya di daerah kota Balikpapan. Dan bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan arahan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengatakan, berdasarkan arahan dari Kemenkes yang diterima kemarin (12/12), bahwa mulai besok Indonesia melakukan kick off.

Lanjutnya, kick off ini untuk pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun, namun baru ada tiga daerah yang melakukan yakni Jakarta, Banten dan Depok. Dan daerah lain pun diminta untuk segera mengikuti sesuai syarat.

“Syaratnya bahwa daerah tersebut sudah mencapai vaksin dosis 1 di atas 70 persen dan lansia diatas 60 persen,” ujar dr Andi saat ditemui awak media di Aula Pemkot, Senin (13/12).

Selain itu juga sudah melaksanakan vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) lewat 1 bulan. Di Balikpapan sudah memenuhi syarat dan pihaknya sedang melakukan persiapan secepatnya.

Yang pertama mengumpulkan data, dan sudah mendapatkan data dari Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) bahwa jumlah anak umur 6-11 tahun di Balikpapan ada 81.404 jiwa. Sedangkan anak yang berada di sekolah sekitar 67.800 jiwa.

“Memang mungkin ada yang belum sekolah karena umur baru 6 tahun. Karena kalau enggak salah sekolah umur 7 tahun,” jelas Dio panggilan akrabnya.

Sehingga ia masih mempersiapkan tenaga dan lokasi pelaksanaan. Adapun jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac, dan sudah tiba hari ini (13/12). Dan akan disuntikkan sekitar 0,5 mili ke lengan anak.

“Namun diharapkan orang tua ikut hadir saat anak divaksin,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *