Antisipasi Bencana Alam, Gubernur Dukung Lancang Kuning Polda Kaltim

Balikpapan, Metrokaltim.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur (Kaltim) mulai memperkuat upaya antisipasi bencana alam. Pemerintah pun mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pontensi bencana.

Dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam ini, Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim menggelar Apel Siaga Tanggap Bencana, Jumat (20/11). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Sekolah Polisi Negara Polda Kaltim, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan.

Ratusan aparat gabungan, baik dari TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, hingga para relawan kebencanaan, ikut dalam apel tersebut. Sejumlah alat peraga tanggap bencana turut dipamerkan dalam acara ini.

Apel Siaga Tanggap Bencana ini dimpimpin Gubernur Kaltim, Isran Noor. Dia dimpaingi Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak, dan Panglima Komando Daerah Militer Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto.

Dalam pidatonya, Gubernur mengatakan, Kaltim memang tidak memiliki gunung merapi, sebagai salah satu faktor terjadinya bencana. Namun bukan berarti tidak ada pontensi bencana alam di provinsi ini. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla), longsor serta banjir, masih kerap terjadi.

Gubernur Kaltim Isran Noor saat mengikuti apel siaga tanggap bencana.

Oleh karena itu, dia meminta kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya aparat penanggulangan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. Dia juga meminta agar seluruh masyarakat dan aparat dapat bahu-membahu mengatasi masalah bencana.

“Karena dengan tekad dan kerja keras, upaya kita dalam menanggulangi bencana bisa maksimal,” ucap Isran di hadapan para pesrta apel.

Ditemui awak media seusia melaksanakan apel, bekas Bupati Kutai Timur itu menyatakan, Pemerintah Provinsi Kaltim siap mendukung penuh terhadap upaya penanggulangan bencana. Termasuk mendukung aplikasi Lancang Kuning yang dikelola Polda Kaltim. Karena sistem digital pendekteksi karhutla itu akan sangat berguna untuk mengatasi bencana.

“Pemerintah Kaltim sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Kapolda,” pungkas orang nomor satu di Bumi Etam ini.

Usai kegiatan, Isran bersama Herry Rudolf Nahak dan Heri Wiranto bergerak ke pinggir lapangan SPN. Di sana mereka melakukan pengecekan alat-alat penanggulangan bencana dari setiap instansi.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *