Perkuat Pengamanan Kota, Kapolresta Balikpapan Resmikan Pokdar Kamtibmas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Bhayangkara Balikpapan resmi beroperasi. Kelompok yang menjadi kepanjangan tangan kepolisian ini diminta untuk segera memberikan rasa aman kepada warga Kota Minyak.

Jumat (20/1) pagi, peresmian Pokdar Kamtibmas Balikpapan dihelat di Aula Pemerintah Kota Balikpapan. Sejumlah pejabat negara hadir dalam acara ini. Diantaranya ada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur Binmas Polda Kaltim Kombes Pol Harry Muharram, Wakil Kepala Polresta Balikpapan Ajun Komisaris Besar Polisi Sebpril Sesa dan Kepala Staf Kodim 0905 Letnan Kolonel Infanteri Esnan Haryadi.

Selain itu ada juga Kepala Satuan Bimmas Polresta Balikpapan Ajun Komisaris Polisi Eko AC, staf Pemkot Balikpapan Fahrudin, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Pusat Bhayangkara Heru Riyadi, Sekjen Nasional Pokdar Kaltim Wibawa Mufti, Wakil Ketua Pokdar Kamtibmas Kaltim Wahyudi Manaf, Ketua Pokdar Balikpapan Ardiansyah Noor, para pengurus Pokdar Balikpapan serta 48 tamu undangan.

Awalnya, acara diisi oleh pembacaan surat keputusan Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi. Isi surat tersebut meresmikan sekaligus mengukuhkan para pengurus Pokdar Kamtibmas Balikpapan. Kemudian, secara simbolis, perwakilan Pokdar Balikpapan menyerahkan pataka atau bendera Pokdar kepada Sebpril Sesa.

Peresmian Pokdar Kamtibmas Balikpapan dihelat di Aula Pemerintah Kota Balikpapan.

Setelah penyerahan pataka usai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Barulah setelah itu Ardiansyah Noor, Sebpril Sesa dan Fahrudin mengisi sambutan secara bergantian. Kegiatan ini berlangsung selama hampir satu jam. Acara ditutup dengan berfoto bersama antara pengurus Pokdar dengan para pejabat.

Di lokasi terpisah, Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi mengatakan, dengan adanya Pokdar Kamtibmas di Balikpapan, sudah tentu akan menjadi angin segar buat warga Kota Beriman. Karena kehadiran kelompok tersebut akan mempertebal kekuatan pengamanan dalam menjaga kondusifitas kota ini.

“Ya, karena Pokdar Kamtibmas adalah kepanjangan tangan kepolisian dalam menciptakan suasana yang aman dan harmonis di lingkungan,” kata Turmudi.

Perwira melati tiga itupun mengucapkan selamat kepada para pengurus Pokdar Kamtibmas Balikpapan atas telah diresmikannya kelompok tersebut. Turmudi berharap, Pokdar Kamtibmas Balikpapan bisa segera bekerja melaksanakan tugasnya, yakni, memberikan rasa aman kepada warga.

“Semoga apa yang menjadi tujuan kelompok ini berdiri bisa terwujud dengan baik,” pungkasnnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *