Antisipasi Karhutla, Polda Kaltim Launching Mobil Pemburu Api

Balikpapan, Metrokaltim.com – Antisipiasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai diusung Polda Kaltim. Rabu (12/8), kepolisian provinsi itu meluncurkan mobil siaga karhutla, sebuah mobil yang mampu melintas di segala medan.

Pada kesempatan perdanan ini, mobil tersebut dicoba langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono. Dia mengendarai sendiri mobil siaga karhutla di halaman Mapolda Kaltim. Pejabat Utama Polda Kaltim lainnya pun tak ingin ketinggalan. Mereka ikut menjajal mobil bertuliskan Direskrimsus itu.

Dijelaskan Muktiono, mobil tersebut diluncurkan guna menanggulangi bencana karhutla. Pasalnya, mobil siaga karhutla mampu melintas di medan-medan sulit, seperti lahan gambut, lumpur hinggan sungai kecil. Hal ini tentukan akan membantu para petugas dalam menjangkau titik api karhutla.

“Guna menyikapi hal tersebut serta guna mendukung pelaksanaan tugas personel Polri di lapangan, kami meluncurkan mobil pemburu api atau mobil penanganan karhutla,” kata jenderal bintang dua itu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menegaskan, mobil siaga karhutla akan sangat efektif dan efisien dalam menjangkau lokasi kebakaran yang sulit dijangkau. Oleh karena itu, dengan adanya mobil tersebut diharapkan karhutla di Kaltim bisa tertanggulangi dengan baik, sehingga tidak memberikan dampak buruk kepada masyarkat dan lingkungan.

“Semoga dengan adanya kendaraan ini, karhutla yang ada di sini dapat ditangani dengan baik,” tambah Ade.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *