Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2021, Isran Pastikan Seluruh Teknis Tercantum

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka mendukung keamanan dan kelancaran perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polda Kaltim gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2021.

Pelaksanaan operasi resmi digelar hingga 2 Januari 2022 mendatang, dan ditandai dengan penyematan pita oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, kepada perwakilan personel dalam apel di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (23/12) pagi.

Operasi lilin Mahakam 2021 melibatkan personel TNI-Polri, Pemerintah daerah serta organisasi masyarakat dan kepemudaan Kaltim.

Usai apel Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan, peningkatan mobilitas masyarakat pada momen tersebut mendapat atensi aparatur terkait selama operasi berlangsung.

Mengingat tren ini dikhawatirkan bakal meningkatkan risiko penularan covid-19, khusus potensi munculnya varian baru, omicron.

“Ini salah satu atensinya untuk mengantisipasi berkembang dan meningkatnya penularan covid-19,” ucap Isran Noor.

Isran menjelaskan, bahwa sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 66/2021, agar perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan (prokes). Apalagi melihat fakta bahwa daya tular omicron lima kali lebih tinggi ketimbang varian delta.

“Di Kaltim memang belum ada indikasi. Tetapi membahayakan juga, apalagi kalau yang tertular itu memiliki penyakit komorbid,” jelasnya.

Mengenai pengawasan, ia memastikan seluruh teknis telah tercantum dalam panduan pelaksanaan libur Nataru yang ditetapkan pemerintah pusat. Mulai dari tempat ibadah, keramaian masyarakat, objek wisata, hingga jalur lintas kabupaten/kota.

“Jadi aplikasi peduli lindungi harus diterapkan, di mall, restoran, hotel dan tempat lainnya. Harus jadi perhatian, terutama bagi mereka yang berkumpul,” pungkasnya.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.