Metro Kaltim

Apel Hari Pramuka Ke 58 Persiapkan SDM Dukung Pembangunan NKRI

Sangatta, Metrokaltim.com – Berbagai rangkaian kegiatan pramuka dalam merayakan hari Pramuka ke – 58 Tahun, puncak peringatan Pramuka di daulat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sebagai tuan rumahnya.

Sebelumnya pada Senin (16/9) malam, di Taman Bukit Pandang Indah kawasan Bukit Pelangi di gelar rapat koordinasi Majelis Pembimbing Daerah, dan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka se-Kaltim tahun 2019, yang dirangkai malam renungan suci dan pembukaan bumi perkemahan (buper) di areal taman tersebut.

Agenda program Kepramukaan, Selasa (17/9) berlanjut melalui upacara “apel” akbar puncak peringatan Pramuka ke 58 tahun di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kutim areal perkantoran Bukit Pelangi-Sangatta.

Yang mana upacara peringatan hari Pramuka selaku inspektur upacara dipimpin langsung Ketua Kwarcab Pramuka Kutim sekaligus Wakil Bupati Kutai Timur Kak H Kasmidi Bulang ST.MM, pelaksanaan upacara turut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kaltim serta perwakilan unsur pengurus kwarcab daerah se-Kaltim.

Pada kesempatan itu, Gubenur yang juga selaku Mabida Kaltim Kak Isran berpesan untuk dapat mendukung berbagai upaya persiapan dan pematangan pemindahan ibu kota negara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Samboja Kukar.

Upacara Hari Pramuka ke-58 tahun di Kutim.

“Yah selamat hari Pramuka ke-58 tahun, semoga baik segenap lintas unsur ke Pramukaan di Kaltim kian berjiwa pemimpin, sosial, berkarya dan bersumbangsih dalam membangun, menjaga kedaulautan secara utuh dan menyeluruh demi NKRI,” terang Kaltim satu itu.

Gubenur Kaltim meminta kepada berbagai unsur Pramuka Kaltim dapat meningkatkan pestasi, dari urutan ke 5 menjadi urutan ke 1 baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi hingga nasional.

Tak lupa pula Isran -sapaannya- pada kesempatan tersebut turut mengucapkan selamat hari jadi Kota Bontang, yang tak lama lagi akan dirayakan oleh Wali Kota Bontang, Wakil Wali Kota Bontang beserta jajaran OPD-nya bersama masyarakat.

“Sukses yah Kota Bontang apalagi dalam meningkatkan hasil produksi minyak mentah menjadi 350 barel/D. Yang mana Bontang melalui progress Pertamina baru saja melakukan perluasan kilang,” ungkap Gubenur Kaltim.

Sementara dalam sambutan singkatnya ketua Kwarcab Pramuka Kutim (Wabup red) Kasmidi juga mengucapkan selamat Hari Pramuka ke 58 tahun. “Semoga unsur lintas jajaran Pramuka kian maju, jaya, sukses dan mampu meningkatkan performa SDM, prasarana dalam mendukung perpindahan ibu kota negara. Karena Pramuka juga memiliki peran penting dalam menghadapi wacana ibu kota negara di Kaltim nantinya apabila benar terealisasi,” imbuh Kasmidi

Selain jalannya upacara hari Pramuka yang khimad, Gubenur Kaltim Isran Noor secara simbolis memukul gong menandai event bumi perkemahan (buper) di Kutim yang berlangsung Senin (16/7) sampai dengan Kamis (19/9) mendatang.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *