Apical Group Serahkan Dua Bangunan Sekolah di Kariangau yang Dibangun ke Pemkot Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Salah satu eksportir kelapa sawit terbesar di Indonesia Apical Group, meresmikan dan menyerahkan dua gedung sekolah yang telah selesai dibangun kepada Pemerintah Kota Balikpapan, pada Kamis (27/5). Dua sekolah tersebut berlokasi di Jalan Salok Baru, Kariangau, Balikpapan Barat .

Apical Group, salah satu perusahaan yang tergabung dalam grup perusahaan RGE mendukung penuh proyek pembangunan dua sekolah yang berada persis disebelah perumahan karyawan PT KRN tersebut. Pembangunan sekolah tersebut meliputi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, kantor guru dan kepala sekolah, aula, masjid, jalan, tempat parkir mobil dan motor, toilet, hingga fasilitas olahraga.

Selain itu, Apical Group juga menggandeng Tanoto Foundation untuk membantu mengembangkan kapasitas guru dan kepala sekolah di dua sekolah tersebut, yakni SDN 021 Balikpapan Barat dan SMPN 21 Balikpapan yang masing-masing memiliki 102 dan 72 siswa. Sejak 2018, Tanoto Foundation melalui Program PINTAR juga telah bermitra dengan Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Balikpapan untuk meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah di 24 sekolah mitra.

Turut Hadir dalam acara peresmian dua sekolah yang telah selesai dibangun tersebut Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, bersama pejabat pemerintah lainnya.

Dalam sambutannya, Rizal mengakui bahwa masyarakat telah berperan penting untuk mendukung inisiatif ini. Beliau ingin mengucapkan terima kasih atas komitmen kolektif Apical Group dan Tanoto Foundation untuk membantu peran pemerintah dalam meningkatkan edukasi masyarakat.

“Ini juga merupakan kado terindah dan terakhir bagi saya menjelang akhir masa jabatan saya pada 31 mei besok. Bangunan sekolah ini sangat layak terutama karena didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai yang mampu menunjang pembelajaran para peserta didik,” ujarnya.

Bangunan SDN 021 dan SMP Negeri 21 Kariangau yang telah diserah terimakan dari pihak Apical Group ke Pemerintah Kota Balikpapan.

Beliau menambahkan bahwa jarang ada perusahaan yang lahannya mau digunakan untuk kepentingan yang lain, namun PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) mau melakukan hal itu.

Manager SSL Apical Group, Jaya Budiarsa mengungkapkan bahwa Apical Group berkomitmen kuat pada filosofi 5C dalam berkreasi untuk community (komunitas), country (negara), climate (iklim), customer (pelanggan), dan company (perusahaan). “Acara peresmian sekolah hari ini menunjukkan kekuatan dan nilai kemitraan publik-swasta dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami di Balikpapan. Kami tidak bertujuan untuk hanya hidup berdampingan dengan komunitas kami, tetapi juga berkembang dan bersinar bersama mereka,” ujar Budiarsa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 21 Balikpapan, Doddy Yustus Sulu juga mengungkapkan bahwa pihak sekolah sangat menyambut baik atas perpindahan sekolah ke tempat yang baru, momen ini sudah sangat lama dinantikan oleh guru, alumni dan masyarakat di sekitar sekolah.

“Kami ucapkan terima kasih untuk Pemerintah Kota Balikpapan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang terus memberikan dukungan dan motivasinya dalam proses pemindahan sekolah ini, dan juga kepada Apical Group yang melalui PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) atas bantuannya terhadap sekolah kami termasuk juga dalam merelokasi jembatan, pengadaan bus sekolah, fasilitas gedung sekolah yang representatif dan tata ruang yang jauh lebih baik dari sekolah yang lama. Harapan kami, bantuan yang diberikan Apical Group kepada sekolah akan terus berlanjut,” pungkasnya.

Tentang Apical
Apical Group adalah salah satu pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia, memiliki dan mengendalikan spektrum yang luas dari rantai nilai bisnis minyak sawit dari sumber hingga distribusi. Perusahaan ini juga terlibat dalam penyulingan, pemrosesan, dan perdagangan minyak sawit untuk keperluan domestik dan ekspor internasional. Operasinya berlokasi di Indonesia, Cina dan Spanyol, dan mencakup lima kilang, tiga pabrik biodiesel, pabrik kimia oleo, dan pabrik penghancur kernel.

Bisnis Apical dibangun di atas jaringan sumber yang luas di Indonesia dengan aset kilang terintegrasi di lokasi-lokasi strategis. Ini diperkuat oleh saluran logistik yang efisien didukung oleh infrastruktur Apical sendiri untuk mengirimkan ke berbagai klien dari rumah perdagangan internasional untuk pembeli industri lokal. Dengan model bisnisnya yang unik, Apical telah mampu mengendalikan kualitas produk dan mengatasi masalah keberlanjutan dan keamanan pangan, sambil menjalankan operasi yang sangat efisien di kilang kelas dunia dan penyimpanan terintegrasi serta fasilitas bulking.

(*/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *