Metro Kaltim

Awasi Pilkada Balikpapan, DPRD Kaltim Menggeruduk Kantor KPU Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan kedatangan tamu dari Samarinda. Rombongan Komisi I DPRD Kalimantan Timur menggerduk ke Kantor KPU Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota, Kamis (16/1) kemarin.

Rombongan DPRD ini dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. Dia datang bersama sembilan anggotanya. Kedatangan anggota dewan ini disambut hangat oleh Komisioner KPU Balikpapan, Mega Feriani Ferry.

Kepada awak media, Jahidin mengatakan, Balikpapan merupakan salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 secara serentak. Oleh karena itu, penting bagi DPRD Kaltim untuk memantau langsung persiapan Pilkada di Kota Minyak. “Ini hanya silaturahmi, untuk melihat bagaimana proses Pilkada di sini,” katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Yusuf Mustofa menambahkan, pemerintah akan mengucurkan dana puluhan miliar untuk Pilkada Balikpapan. Hal ini dilakukan agar partisipasi pemilih di Pilkada Balikpapan dapat ditingkatkan.

“Dana yang dialokasikan mencapai Rp 53 miliar melalui APBD, semoga dapat terlaksana secara maksimal,” tambahnya.

Sementara itu, Mega Feriani Ferry menjelaskan persiapan Pilkada yang sedang dilakukan KPU Balikpapan. Saat ini, KPU Balikpapan sudah masuk dalam tahap perekutan calon Pilkada via jalur independent.

Soal partisipasi pemilih, perempuan dengan panggilan Mega itu menyebut, KPU Balikpapan menargetkan bisa menjaring sekitar 75 persen dari daftar pemilih tetap di Balikpapan. Hal ini untuk menyesuaikan target yang diberikan KPU nasional. “Untuk itu KPU Balikpapan ingin meningkatkan target sesuai target nasional,” tutupnya.

(sur/idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *