Metro Kaltim

Bakar Lahan di Amankan Polsek Utara

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kebakaran lahan yang terjadi di Sungai Wain, kilometer 15, Karang Joang, Balikpapan Utara sempat menghebohkan warga sekitar dan petugas Kebun Raya Balikpapan. Lahan yang terbakar ini merupakan lahan perkebunan dengan luasan 40X80 meter pada Senin (23/9) sore.

Api yang sempat membesar ini oleh warga sekitar di padamkan dengan peralatan sederhana dengan menggunakan dahan basah. Karena api membesar satu unit mobil tangki membantu pemadaman.

Penjaga lahan Sahmit Israni mengatakan, awalnya dirinya membakar sebatang kayu lapuk untuk mengasapi kambing yang ada, namun karena lelah dirinya tertidur dan api merambat tanpa sepengetahuan penjaga lahan.

“Tertidur habis bersih bersih, pas bangun api merambat sudah luas, dan di padamkan oleh warga,” jelasnya.

Lahan yang dijaga oleh Sahmit Israni ini merupakan lahan perkebunan yang sudah di jaganya sekitar 10 tahun terakhir. Dan sudah biasa di bersihkan.

“Sudah lama, biasa di bersihkan dengan cara merintis lahan yang ada,” ungkapnya.

Polsek Balikpapan Utara yang di pimpin Wakapolsek AKP Wiyono mendatangi lokasi kejadian bersama tim Batman DNA Intel, untuk memastikan langsung kejadian kebakaran yang ada.

AKP Wiyono menyebut, untuk sementara penjaga lahan kita bawa ke Polsek Balikpapan Utara untuk di mintai keterangan terkait pembakaran lahan yang terjadi. “Kita bawa dulu ke Polsek untuk di mintai keterangan sementara,” ucapnya.

Selain penjaga lahan, Polsek Balikpapan Utara juga mengamankan satu bilah parang yang di gunakan pembakar lahan untuk merintis, ulas Wiyono.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *