Balikpapan Mulai Lakukan Penyekatan di Lima Ruas Jalan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Terdapat lima ruas jalan dan 10 lokasi di Balikpapan yang akan dilakukan penyekatan jalan mulai tanggal 8-20 Juli 2021 pukul 17.00-20.00 Wita.

Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli menjelaskan, adapun lokasi penutupan jalan terbatas antaranya Jalan Jenderal Sudirman yakni simpang rumah sakit Pertamina Balikpapan menuju simpang jalan Kutai /Kantor KPU, Jalan Asnawi Arbain mulai simpang roti tiam menuju simpang pengadilan agama), Jalan Tjuptjup Suparna (simpang Balikpapan Baru menuju Simpang Jalan Sumber Rejo Jembatan sungai ampal.

Kemudian, Jalan Indrakila (simpang jalan Indrakila dan jalan Patimura menuju simpang jalan Indrakila dan Jalan Kampung Timur, Jalan Mayjen Sutoyo mulai dari simpang Markoni menuju simpang SPBT Gunung Malang.

“Berbeda dengan penutupan jalan tahun, khusus akses yang menuju tempat kerumunan. Selebihnya, ketika ada kerumunan diluar sekat itu akan kami lakukan patroli untuk pembubaran,” jelas Zulkifli saat rapat koordinasi di Aula Pemkot Balikpapan, Rabu (7/7).

Dalan penyekatan, pihaknya menyiapkan 130 personil gabungan untuk dikerahkan dalam penyekatan jalan mulai dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kepolisian, Kodim, Pomdam Lanud dan Lanal. Dirinya mengatakan penyekatan mengikuti penutupan PPKM darurat. Tempat-tempat kerumunan yang menjadi target penyekatan jalan.

“Penutupan ini harus dikawal TNI-Polri untuk dapat membantu menghadapi. Karena kalau satpol PP, banyak yang melawan. Suruh balik itu pada ngamuk,” akunya.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 17 tahun 2021, Balikpapan menjadi salah satu dari 34 Kabupaten Kota yang menerapkan PPKM darurat. Instruksi tersebut mewajibkan daerah orange dan merah untuk ditutup. Pasalnya, Balikpapan banyak wilayah yang berada di zona merah dan orange. Sedangkan zona hijau sedikit sekali.

“Mohon dukungannya, memang pemerintah sedikit sulit mengambil keputusan ini,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *