Bangunan Bekas Mes Karyawan Hotel Blue Sky Terbakar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebuah bangunan bekas mess karyawan milik Hotel Blue Sky terbakar pada Selasa (16/6) petang. Kebakaran yang terjadi di Jalan DI Pandjaitan RT 79 Gang Cendana, Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah itu membuat warga yang tinggal di sekitar lokasi menjadi panik.

Warga pun panik dan berlarian keluar rumah ketika mendengar teriakan minta tolong kebakaran. Si jago merah tersebut diketahui mulai berkobar sekira pukul 18.00 Wita.

Rumah yang lama ditinggal kosong tersebut diketahui mengeluarkan asap tebal pertama kali dari ujung sebelah kiri bangunan. Tak lama kemudian api terlihat langsung menyambar dengan cepat ke seluruh bangunan.

“Kami tadinya mau pergi salat Magrib tiba-tiba warga larian cari selang sama ember, saya sempat kaget dan ternyata rumah ini terbakar, api sudah besar,” ungkap Ketua RT 79 Karang Rejo, Purwanto.

Petugas pemadam kebakaran saat berjibaku memadamkan si jago merah yang mengamuk.

Dengan menggunakan alat seadanya, warga bahu membahu menyiramkan air ke bangunan tersebut, sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang. Hingga akhirnya mobil pemadam dari UPTD BPBD Balikpapan Utara tiba dan langsung melakukan pemadaman.

Sekira 40 menit petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api, akhirnya petugas dapat menguasainya. Beruntung api tak sempat merembet pada bangunan di sekitarnya. Dan kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja memang petugas menemui kendala dalam proses penanganan yakni lalu lintas yang macet serta akses masuk gang yang sempit.

“Kami turunkan sekitar 8 unit armada pemadam kebakaran. Kendala lalu lintas ramai karena jam pulang kerja. Kendala lain aksesnya sulit untuk masuk tapi kita atasi dengan selang panjang,” terang Kepala BPBD Balikpapan, Suseno.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut. Saat ini petugas dari Polsek Balikpapan Utara juga tengah melakukan penyelidikan.

“Untuk penyebabnya masih dalam lidik,” ujar Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Mas’ut.

Ada dugaan bahwa kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik lantaran bangunan yang merupakan bekas mess karyawan Hotel Blue Sky itu sudah lama tidak berpenghuni.

“Bangunan ini memang lama kosong, ada lebih lima tahunan. Cuma satu tahun yang lalu di sini buat mebel,” timpal Purwanto.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *