Sambut Hari Bhayangkara ke-74 Polda Kaltim Gelar Aksi Donor Darah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polda Kaltim menggelar donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74, kegiatan sosial ini bertujuan guna membantu PMI dalam mengatasi kekurangan persediaan darah sebagai imbas dari menghadapi Pandemi Covid–19. Aksi donor darah ini berlangsung di Mapolda Kaltim, pada Rabu (17/6) pagi.

Dalam Kegiatan donor darah ini turut dihadiri pula oleh Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H., Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Karo Rena Polda Kaltim Kombes Pol Sambas Kurniawan S.I.K., Kabid Propam Polda Kaltim Kombes Pol Yudi Arkara Oktobera, S.I.K., serta Personel TNI-Polri di Gedung Mahakam Mapolda Kaltim.

Muktiono yang didampingi Eddy Sumitro Tambunan, turut mendonorkan darahnya guna membantu PMI dalam mengatasi kekurangan persediaan darah.

Waka Polda Kaltim saat mendonorkan darahnya.

Muktinono menjelaskan, kegiatan donor darah yang di adakan bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya PMI Kota Balikpapan yang kekurangan darah imbas dari pandemi covid-19, dan donor darah ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang.

“Memperingati Hari Bhayangkara ke-74 sekaligus menggugah kepedulian, empati dan simpati kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah, aksi donor darah ini sebenarnya sudah rutin digelar oleh jajaran Kepolisian, Kerjasama dengan PMI sudah terjalin baik dan kerap melakukan kegiatan serupa yang melibatkan keluarga besar Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman,” ucap Kapolda Kaltim.

Personel TNI dan Polda Kaltim saat mendonorkan darahnya.

Imbas dari pandemi virus corona saat ini, stok darah di PMI mulai menipis. Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi, oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI.

Kegiatan donor darah yang dilakukan, tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah Pandemi Covid-19, seperti sebelum masuk ruangan personel donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun anti septik, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan tidak berkerumun, serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran dan yang lebih penting personil yang hendak mendonorkan darahnya telah di pastikan sehat fisik.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur, memasuki era New Normal ini untuk dapat tetap mengutamakan protokol kesehatan. “Diantaranya menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak atau physical distancing agar dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19,” timpalnya.

(Riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *