Basarnas Balikpapan Berhasil Evakuasi 9 WNA, Korban Laka Air di Teluk Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Balikpapan dan TNI AL berhasil mengevakuasi ke darat 9 dari 23 korban laka air speed boat yang terjadi di perairan Teluk Balikpapan, pada Selasa (2/3) malam.

Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta, melalui Kasie Ops dan siaga, Octavianto, kembali mengupdate informasi bahwa tim SAR gabungan berangkat menggunakan kapal Patkamla Lamaru milik TNI AL menuju ke kapal MV. Manalagiyasa dan TB. Mulia 7 untuk mengevakuasi korban, pada Rabu (3/3) dini hari.

Koordinasi Kasie Ops Basarnas Octavianto dengan Kapolresta Balikpapan.

“Pada pukul 00.47 KAL. Patkamla Lamaru telah dapat berkomunikasi dengan kapal MV. Manalagiyasa dan TB Mulia 7, kurang lebih 1 jam visual LKP,” ungkapnya Rabu (3/3) pagi.

Mendapat informasi tersebut, sekira pukul 02.23 Wita tiga mobil ambulance dan satu truk angkut dari RSKD, Orari, dan TNI AL telah tiba di Pelabuhan Semayang.

BACA JUGA: Alami Laka Air, 12 Penumpang Speed Boat Terumbang-Ambing di Teluk Balikpapan

BACA JUGA: 11 Korban Lainnya Diselamatkan TB Mulia 7 Total 23 Korban Laka Air di Teluk Balikpapan

“Pukul 04.00 Wita korban berhasil di evakuasi dan tiba di pelabuhan Semayang, dan untuk korban yang lain masih berada di MV. Manalagiyasa, dikarenakan cuaca di LKP hujan dan cuaca buruk maka tim menunggu cuaca bersahabat untuk melanjutkan evakuasi,” bebernya.

Setibanya di pelabuhan Semayang para korban langsung dibawa ke gedung KNPI untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diperiksa dokumen keimigrasiannya. Diketahui ke 9 WNA tersebut merupakan warga negara Ukraine.

Koordinasi Basarnas dengan Biddokes Polda Kaltim.

“Pukul 05.45 Wita seluruh korban telah diperiksa oleh Imigrasi Balikpapan dan dibawa ke hotel Zurich untuk beristirahat, karena kondisi mereka kelelahan dan mengantuk,” kata Octa sapaan akrab Octavianto.

Saat ini tim SAR gabungan sedang mengevakuasi korban lainnya dari atas kapal MV Manalagiyasa dan TB Mulia 7.

“Saat ini tim SAR masih melakukan evakuasi korban lainnya,” pungkasnya.

Diketahui, informasi yang dihimpun pihak Basarnas merima info dari VTS telah terjadi Laka Air tiga Speed Boat yang mengangkut 20 WNA crew Kapal Eurydiki di perairan Teluk Balikpapan sekitar Buai Nol, yang dimotoris tiga WNI. Korban yang tervisual di LKP menurut Laporan dari kapal yang menyelamatkan korban estimasi 23 orang.

Nama 9 korban yang berhasil dievakuasi dan tiba pada pukul 04.00Wita :

  1. Oleksandr Moros (L/58th)
  2. Gayduk Volodymyr (L/37th)
  3. Monastyrsky Vadym  (L/55th)
  4. Kozelskyi Volodymyr (L/27th)
  5. Koroyid Mykola (L/55th)
  6. Belyavskyi Oleksiy (L/41th)
  7. Nazarinko Igor (L/57th)
  8. Iliukhin Oleg (L/43th)
  9. Anatolii grossu (L/30th)

(riyan)

One thought on “Basarnas Balikpapan Berhasil Evakuasi 9 WNA, Korban Laka Air di Teluk Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *