Basarnas Perluas Area Pencarian Korban Hilang di Teluk Balikpapan, Namun Hasil Masih Nihil

Balikpapan, Metrokaltim.com – Empat hari sudah operasi pencarian Candi Nugroho (27), korban hilang di Teluk Balikpapan, dilakukan. Namun, sampai saat ini, operasi ini belum membuahkan hasil. Candi masih belum diketahui keberadaannya.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto mengatakan, pencarian Candi kembali dilanjutkan pada Senin (2/11) pagi ini, setelah sempat dihentikan sementara pada Ahad (1/11) sore karena hari mulai gelap.

Seperti biasa, dalam operasi ini, Basarnas tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh beberapa instansi lainnya. Seperti Polair Balikpapan, Tni AL Balikpapan, KP3 Pelabuhan, KKP Balikpapan, KSOP Balikpapan serta pihak keluarga korban.

“Selain itu ada juga BPBD Balikpapan, MV Lyric Star, Srop Balikpapan, Info Bencana, Rapi, Banda Indonesia dan PKPU,” katanya dalam siaran pers yang diterima media ini.

Pada operasi pencarian hari keempat ini, Tim SAR gabungan memperluas area pencarian. Total luas area pencarian, sebut Octa – sapaan Octavianto – pihaknya telah mencari Candi sekitar 1.948 kilometer persegi atau 545.6 nautical mile persegi.

“Sedangkan pada hari ketiga kemarin luas area pencarian sekitar 1.465 kilometer persegi atau 427 nautical mile,” sebutnya.

Meski telah berupaya maksimal, Tim SAR belum menemukan raga Candi. Tim pun telah menghentikan operasi SAR hari ini. Octa memastikan, operasi SAR akan kembali dilanjutkan pada Selasa (3/11) besok pagi.

“Pencarian korban atas nama Candi Nugroho belum ditemukan. Operasi akan kembali dilanjutkan besok pagi,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (29/10) pagi, Candi bersama tujuh orang temannya pergi memancing ikan di Teluk Balikpapan menggunakan kapal. Pada Kamis petang, tiba-tiba dinding kapal yang ditumpangi Candi pecah akibat menabrak batang kayu besar. Hal ini membuat kapal tersebut karam.

Candi bersama teman-temannya yang lain berusaha menyelamatkan diri dengan berpegangan tangan di tengah lautan. Namun entah mengapa, tiba-tiba Candi lepas dari pegangan. Pada Jumat (30/1) pagi, enam orang rekan Candi berhasil diselamatkan oleh MV Lyric Star – sebuah kapal tangker. Sedangkan satu orang lainnya diselmatkan nelayan asal Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Pada Jumat itu juga, pihak MV Lyric Star melaporkan kejadian ini kepada Basarnas Balikpapan. Dia juga melaporkan bahwa satu orang korban atasnama Candi hilang. Sejak saati itu Basarnas menyatakan Candi hilang dan memulai pencarian pemuda yang tinggal di Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara itu.

(sur/ Ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *