Batas Pendftaran Habis, KPU Sosialisasikan Kolom Kosong, Jika Hanya Paslon Tunggal

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tepat pukul 24.00 Wita Minggu (14/9) malam ini, KPU Balikpapan menutup pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju di Pilkada 2020.

Jika hingga ditutupnya pendaftaran tidak ada lagi bakal pasangan calon mendaftar, yang artinya hanya ada satu pasangan bakal calon. Dipastikan Pilkada Balikpapan akan hanya diikuti oleh calon tunggal saja.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, usai pendaftaran, pasangan bakal calon harus mengikuti rangkaian tahapan selanjutnya.

Salah satunya akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, pada Senin (14/9) besok. “Selama dua hari jadwalnya (pemeriksaan kesehatan, Red), 14 dan 15 September. Cara pemeriksaan jasmani berpisah dengan pemeriksaan rohani,” terang Noor Thoha.

Pasangan calon juga harus menjalani verifikasi untuk sejumlah syarat. Antara lain seperti verifikasi SKCK, surat keterangan pengadilan, surat keterangan pailit, serta ijazah. Semua akan diverifikasi oleh KPU.

“Dalam hal di catatan SKCK pernah melakukan tindak pidana, atau kriminal, maka akan kami klarifikasi seperti apa kriminalnya,” ungkapnya.

Pasangan bakal calon juga akan melakukan rapid test. Apabila yang bersangkutan negatif maka proses tahapan akan berjalan seperti biasa. Jika reaktif dan ditemukan positif corona, maka harus isolasi dahulu. “Dan ini tidak menggugurkan pencalonannya,” kata Thoha.

Nantinya, apabila pasangan calon sudah ditetapkan sebagai calon tunggal, maka sosialisasi akan dilakukan seperti biasa. Namun begitu kali ini. Selain pasangan calon, juga ada kolom kosong.

“Nanti akan dijelaskan tata cara pencoblosan yang sah seperti apa,” bebernya. Dan begitu KPU akan tetap mensosialisasikan keduanya, baik pasangan calon tunggal dan kolom kosong.

“KPU harus berbuat adil. Kami sampaikan bahwa peserta pilkada, nanti di sampingnya ada kolom kosong. Bagian setuju dengan pasangan calon silakan dipilih, jika tidak setuju silakan kolom kosong,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *