Metro Kaltim

Begini Kesemarakam Perhelatan Akbar Telen Super Camp 2019, yang Dibuka Oleh Ketua Kwarcab Kutim Kak Kasmidi

Telen, Metrokaltim.com – Event Telen Super Camp 2019 yang digelar di lapangan utama milik PT Karya Nusa Eka Daya, Desa Marahaloq Kecamatan Telen, Kamis (3/10) malam berlangsung semarak. Dengan berbagai kegiatan programnya yang mengasah kemandirian, kreasi, terampil, inovasi.

Adapun peserta terdiri dari ke-pramukaan baik di tingkat SD dan SMP dengan jumlah total keseluruhan, 500 pelajar sudah termasuk kepanitiaan. Pembukaan Perhelatan Telen Super Camp 2019 yang di motori oleh perusahaan kemitraan pemerintah PT Karya Nusa Eka Daya selaku penyelenggara .

Yang mana perusahaan ini merupakan bagian dari group PT Astra Agro Lestari Tbk, sekaligus menaungi anak perusahaan PT. Subur Abadi Plantations, PT Sumber Kharisma Persada. Gelaran Telen Super Camp 2019 sekaligus meramaikan Anivesary PT Astra Agro Lestari Tbk ke – 31 tahun yang jatuh pada Jumat (4/10).

Ajang Telen Super Camp 2019 dibuka langsung oleh Wakil Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Kutai Timur H Kasmidi Bulang, ST.MM melalui prosesi upacara ke-Pramukaan. Dalam sambutannya Kak Kasmidi Bulang (panggilan senior dalam ke pramukaan) mengatakan, kegiatan pramuka wajib dilaksanakan di sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

“Karena kegiatan pramuka ini berdasarkan peraturan dan perundang-undangan Nomor 12 Tahun 2010, bahwa gerakan pramuka menjadi kurikulum wajib. Untuk itu jika tidak ada sekolah yang tidak menghidupkan kurikulum wajibnya tentang ke pramukaan dapat melaporkan ke saya. Karena tujuan pramuka sangat mulia selain dari sisi kemanusiaannya, mampu melahirkan calon pemimpin generasi muda penerus bangsa yang unggul dan tepat guna,” kata Kasmidi Bulang.

Acara menari bersama saat pembukaan Telen Super Camp 2019.

Dia berpesan kepada semua lini ke pramukaan terutama kepada adik-adik pramuka, agar tidak terkontaminasi akan dampak bahaya penyalahgunaan obat terlarang.

“Jaringan sindikat narkoba saat ini sedang mengincar Indonesia khususnya dalam merusak masa depan bangsa. Berbagai modus dalam melancarkan bisnis haramnya narkoba, kita melihat di media ada narkoba dalam es krim, kue ulang tahun dan permen bahkan korbannya murid SD. Tugas kita bersama dan yang terpentibg orang tua dalam memeranginya,” tegas Ketua Kwarcab Kutim.

Selain itu Plt Bupati Kutim ini memberikan selayang pandang, berupa raihan prestasi kegiatan pramuka, seperti perayaan HUT Pramuka se-Kaltim pelaksanaannya di Kabupaten Kutai Timur sebagai tuan rumahnya. Begitu juga Hari Pramuka tingkat Kaltim digelar di Kutim juga dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kaltim Isran Noor. Jambore internasional Kwarcab Pramuka Kutim turut mengutus perwakilan melalui adik-adik pramuka mengikuti jambore di Amerika Serikat.

“Bangga sekali, kita dapat mengirimkan adik-adik pramuka Kutim yang mewakili Indonesia satu-satunya pramuka Kutim mengharumkan nama pramuka Indonesia di Manca Negara. Nanti event tersebut memasuki 2020 Kutim akan kembali menyeleksi para adik-adik pramuka se-Kutim, untuk mengikuti Jambore Asia yang dilaksanakan di Thailand,” beber Kasmidi Bulang.

Kasmidi sapaan akrabnya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada adik-adik pramuka se-Kutim, termasuk Telen untuk dapat segera mendaftarkan diri sebagai peserta jambore asia.

Prosesi pembukaan Telen Super Camp 2019.

“Tentunya adik-adik pramuka harus melalui tes speaking english di Kwarcab Pramuka Kutim. Kali ini kami akan mengutus 2 dari adik-adik pramuka untuk mengikuti tes jambore asia di Thailand dan Singapore,” terangnya.

“Saya juga mengucapkan rasa terima kasih mendalam kepada pihak penyelenggara PT Karya Nusa Eka Daya yang telah bersinergi dengan Pemkab Kutim, Kwarcab Pramuka Kutim, Dinas Pendidikan yang turut memajukan program pramuka secara luasnya di Kecamatan Telen. Semoga dengan adanya sauri tauladan tersebut dapat diikuti oleh perusahaan lainnya. Saya turut berterima kasih pula kepada para orang tua yang telah memberikan kurikulum terbaiknya ke pramukaan kepada sang buah hati,” imbuh Kak Kasmidi.

Jalannya pelaksanaan Telen Super Camp 2019 dibuka melalui prosesi pemukulan gong dan pesta kembang api, sirine serta menari bersama dan berbagai atraksi devile pawai baris – berbaris bahkan atraksi memutar obor api.

Tak lupa Kasmidi Bulang senantiasa mengawali ke pramukaan dengan pekikan suara lantang. “Salam Pramuka…Salam Pramuka…Salam Pramuka…,” tegasnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *