Begini Kesiapsiagaan RT di Sumber Rejo Ketika Terjadi Lonjakan Kasus Terpapar Covid-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah secara bertahap selalu berkoordinasi kepada empat sampai lima RT setiap harinya, seperti yang dilakukan di Aula kelurahan, Kamis (4/2) sore.

Rapat koordinasi ini untuk membahas kesiapsiagaan, apabila di wilayah RT terjadi lonjakan pasien yang terpapar covid-19. Bahkan sampai saat ini, koordinasi sudah dilakukan bersama 14 RT di Sumber Rejo dalam beberapa hari ini.

“Dalam rapat tersebut 12 RT sudah menyetujui usulan yang disampaikan, hanya saja dua RT lainnya masih harus berkoordinasi dengan para tokoh di wilayahnya,” ucap Lurah Sumber Rejo Umar Adi saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (4/2) sore.

Rapat koordinasi membahas kesiapsiagaan RT dalam menghadapi warganya yang terpapar covid-19.

Lanjutnya, tentu ini menjadi PR bersama, seandainya rumah sakit dan rumah karantina penuh, tetapi warga harus isolasi mandiri. Apalagi ketika rumah itu ada lansia, ibu hamil dan anak-anak yang rentan terpapar covid-19, dan itu bisa terjadi cluster baru.

Untuk pola sementara ketika keluarga kontak erat sudah di swab hasilnya negatif, lalu berdasarkan tim pemantau boleh keluar rumah, pihaknya berinisiatif untuk mengungsikan keluarga pasien ke rumah warga yang kosong maupun Posyandu, sampai yang terpapar dinyatakan sembuh.

“Maka itu perlu koordinasi bersama RT untuk bisa menyampaikan hal ini ke warganya, karena ini salah satu upaya untuk memutus penyebaran covid di lingkungannya,” jelasnya.

Selain mencegah penyebaran covid-19, secara otomatis keluarga terpapar juga lebih mudah merawat dan membantu memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan pasien terpapar.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *