Begini Kronologi Penangkapan Suwaryo Kurang dari 24 Jam, Perampok yang Bikin Korbannya Babak Belur

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kerja keras tim gabungan Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim bersama Tim Elang Borneo Reskrim Polsek Balikpapan Selatan, dalam memburu pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) atau yang lebih dikenal perampok membuahkan hasil. Tak butuh waktu lama pelaku berhasil diringkus saat mencari tempat untuk bersembunyi.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim, AKBP Agus Puryadi membeberkan usai melakukan aksinya, pelaku bernama Suwaryo alias Ryo ketakutan dan berusaha mencari tempat persembunyian.

Pria yang belum lama di Balikpapan ini mengaku belum banyak mengenal orang. Dari sana lah polisi melakukan penyelidikan ke orang-orang yang diduga kenal dengan pelaku.

“Kami lakukan penyelidikan ke jaringan perkawanan pelaku, karena belum lama di Balikpapan, yang dia tau ya orang-orang dekatnya saja,” terang Agus, Sabtu (20/3).

BACA JUGA: Pelaku Perampokan Karyawati Kantor Pajak Diringkus Tim Gabungan

Dari kedua bahan tersebut, orang baru dan belum banyak kenalan, semakin mempermudah aparat kepolisian mengendus keberadaan pelaku.

“Ada tiga titik lokasi yang kita tungguin, di 3 titik yang punya hubungan kedekatan dan dimungkinkan pelaku akan minta pertolongan ke sana,” papar perwira berangkat dua melati di pundak ini.

Jumat (19/3) malam sekira pukul 21.15 Wita pelaku datang ke rumah temannya berinisial F di daerah Batakan, Balikpapan Timur. Namun saat pelaku hendak ingin menginap, si pemilik rumah menolak, lantaran rumahnya sudah penuh.

BACA JUGA: Karyawati Kantor Pajak Dirampok di Indekosnya, Tangan Diikat di Kursi, Wajah Babak Belur Dipukuli Pelaku

“Jadi tim saya saat itu sedang perjalanan ke sana, sesampai di sana pelaku sudah pergi, karena dia ditolak itu hanya lima menit saja di sana,” ujarnya.

Saat itu pelaku yang kebingungan mencari tempat persembunyian hendak menuju ke titik kedua di daerah Gunung Malang. Namun apes belum sampai ke Gunung Malang, pelaku lebih dulu di ciduk di pinggir jalan.

“Belum sampai di Gunung Malang dapat kita kap (tangkap) di sekitar Batakan pada saat jalan kaki. Dan dikap tanpa perlawanan. Pelaku mengakui perbuatannya,” pungkasnya.

Saat digelandang untuk melakukan pencarian barang bukti, Ryo mengaku pikirannya dipenuhi setan makanya tega melakukan penganiayaan kepada seorang perempuan dan kemudian membawa kabur barang berharga milik korbannya.

“Saya itu gak tegaan mas, saya itu penuh setan mas,” kilah Ryo saat digiring petugas.

Detik-detik penangkapan pelaku perampokan.

Sebelumnya, kurang dari 24 jam, akhirnya pelaku perampokan yang beraksi di Perumahan Bukit Damai Sentosa (BDS) RT 31 Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan, dengan korban karyawati kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Balikpapan Barat pada Jumat (19/3) siang sekira pukul 13.30 Wita, berhasil diringkus polisi.

Pelaku diketahui bernama Suwaryo alias Ryo, pelaku diringkus di kawasan Jalan Mulawarman, PJHI Balikpapan Timur, pada Sabtu (20/3) pagi sekira pukul 04.00 Wita.

Penangkapan dilakukan oleh tim gabungan Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim bersama Opsnal Polsek Balikpapan Selatan, setelah sebelumnya melakukan serangkaian penyelidikan dan meminta keterangan saksi-saksi.

Setelah berhasil menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan tersebut, petugas langsung melakukan interogasi mendalam terhadap pelaku yang merupakan penjaga indekos tempat korban tinggal.

(riyan)

One thought on “Begini Kronologi Penangkapan Suwaryo Kurang dari 24 Jam, Perampok yang Bikin Korbannya Babak Belur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *