Metro Kaltim

Begini Suasa Malam Pisah Sambut Danlanal Sangatta

Sangatta, Metrokaltim.com – Usai prosesi serah terima jabatan Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Sangatta dari Letkol Laut (P) Binsar Alfred Sitorus kepada Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho di halaman Mako Lanal Sangatta, pada Rabu (23/10) pagi, maka Rabu malamnya kembali digelar acara pisah sambut Danlanal Sangatta di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi-Sangatta Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Pisah sambut dibaluti rasa bahagia dan keharuan mendalam, terlebih kepada mantan Danlanal Sangatta Binsar Alfert Sitorus, tak kala dirinya menyaksikan penayangan dokumenter selama menjabat sebagai Danlanal Sangatta dan menyaksikan ucapan perpisahan “sayonara” yang turut di sampaikan secara bergiliran baik oleh Bupati Kutim H Ir Ismunandar, MT, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST.MM, Dandim 0909 Sangatta Letkol (Czi) Pabate, Kapolres AKBP Teddy Ristiawan, Ketua PN Sangatta Rahmat Sanjaya, serta Kepala Kejaksaan Negeri Sangatta Mulyadi, SH.

Agenda malam pisah sambut turut dihadiri oleh Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang, didampingi istri Hj Tirah Satriani, SE.MM, mantan Danlanal yang kini mendapatkan jabatan promosi sebagai komandan KRI Satsuit Tubun, Danlanal baru Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, Wakil Ketua I DPRD Kutim Bunda Asti Nazar, sejunlah Anggota DPRD Kutim Prayunita, Hj Fitri, Basti, H Kidang, perwakilan PT KPC dan Pertamina.

Pada sambutannya Binsar mengungkapkan, jalannya pisah sambut diselimuti rasa haru. “Sebenarnya saya mau meleleh juga air mata ini, tapi tadi saya dikuatkan oleh bapak Plt Bupati Kutim Kasmidi, bapak Dandim Sangatta Pabate, bapak Kapolres Kutim Teddy, bapak Ketua PN Sangatta Rahmat Sanjaya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari, Red) Mulyadi, SH kesemuanya sempat mengingatkan sebagai TNI AL harus kuat jangan cengeng, jadi saya berupaya tegar,” ungkapnya.

Plt Bupati Kutim, Kasmidi Bulang saat memberikan cinderamata kepada mantan Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Binsar.

Menurut pria yang kini menjabat sebagai Komandan KRI Satsuit Tubun Sitorus, banyak kenangan yang turut memberikan kesan akan kentalnya jalinan silaturahmi antara jajaran Lanal, Kodim, Polres, PN, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Legislatif (DPRD), Pemkab Kutim lintas OPD kesemuanya penuh rasa kekeluargaan.

Selama bertugas sebagai Danlanal Sangatta, Binsar menegaskan untuk wilayah distrik teritorial Lanal Sangatta kondisi perairan kemaritiman terbilang aman.

“Selama saya menjabat patroli laut ditingkatkan selama berpatroli itulah tidak ada saya jumpai pelanggaran hukum di wilayah kedaulatan NKRI, khususnya laut Kutim, dari aksi bom ikan yang dapat merusak sistem ekosistem terumbu karang dan habitat lainnya di dasar laut,” ujar.

Sementara Danlanal Sangatta yang baru Osben, sangat terkesan akan penataan kota Sangatta yang bersih. “Saya waktu menuju ke sini menggunakan pesawat kecil dan mendarat di bandara KPC Swarga Bara, dari atas udara saya melihat Kutim memiliki kekayaan berlimpah terlebih kota penghasil emas hitam (batu bara, Red),” jelas Danlanal Sangatta.

Baca Juga: Ini Pemegang Tongkat Komando Lanal Sangatta yang Baru

Sejak diamanahkan sebagai Danlanal Sangatta, ia bertekad mewujudkan koordinasi yang baik dengan jajaran Lanal Sangatta dan beradaptasi dengan cepat dalam menjalankan tugas dan kewenangannya.

“Saya sangat terkesan akan penyambutan luar biasa di Kutim baik bapak Plt Bupati Kutim kita pak Kasmidi, pak Dandim, pak Kapolres, pak Ketua PN Sangatta, pak Kajari, anggota legislatif penuh kebersamaan sampai-sampai saya cepat akrab seperti sudah lama sekali bertugas di sini terima kasih saya dapat dengan cepat diterima di Kutim ini. Tentunya saya akan terus melanjutkan budaya kebersamaan selama menjabat,” ulas Danlanal Sangatta Osben.

Sementara itu Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan, sebenarnya merasa kehilangan Danlanal yang lama. “Karena beliau terbilang baik, sama halnya seperti Danlanal baru bapak Obsen Alibos dapat cepat berbaur begitu juga sebaliknya pak komandan KRI Satsuit Tubun Binsar. Semoga pak Binsar kariernya kian cemerlang dalam menggapai cita-cita, seperti pesan pak Bupati Ismunandar pangkat bintang menanti dan selamat menjalankan tugas yang baru selamat jalan kawan, selamat jalan saudaraku,” ungkapnya.

Plt Bupati Kutim juga mengucapkan selamat datang di Kutim kepada Danlanal Sangatta Osben Alibos serta selamat bertugas. “Semoga antara Lanal Sangatta dan Pemkab Kutim senantiasa bersinergi dalam memupuk tali silaturahmi,” ucap Kasmidi berpesan.

Keharuan pelepasan Danlanal Sangatta perlahan sirna tak kala dilakukan saling bertukar cindera mata, secara bergantian sebagai kenang-kenangan diberikan oleh Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Dandim Sangatta Pabate, Kapolres Kutim Teddy, Ketua PN Sangatta Rahmat Sanjaya, Kejari Mulyadi, SH, Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Nazar, ibu Sekda Kutim Ny Irawansyah mewakili Sekda yang tengah bertugas luar daerah bersama Kepala Bappeda Edward, perwakilan stakeholder PT KPC dan Pertamina kepada komandan KRI Satsuitbun Binsar.

Dipenghujung pisah sambut Danlanal Sangatta ditutup dengan bernyanyi bersama dan bergoyang tik-tok yang kian eksis dan viral di medsos.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *