Metro Kaltim

Belum Meledak, Benda Mirip Bom Rakitan di Balikpapan Dimusnahkan Tim Gegana

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebuah benda mirip bom hanyut di Sungai Dam, Jalan Al Makmur II, RT 31, Kelurahan Damai, Balikpapan Kota, Sabtu (21/9) pagi. Hal ini membuat warga di lokasi tersebut geger.

Salah satu warga RT 31, Kelurahan Damai, Arif Fadillah (22) mengatakan, penemuan benda diduga bom ini terjadi sekira pukul 09.00 Wita. Saat itu ada salah seorang warga RT 31 lainnya, melihat benda mirip balok sepanjang kira-kira 10 sentimeter berwarna merah hanyut di Sungai Dam.

Di benda tersebut terdapat kabel warna-warni. Di sisi bagian atas dan bawahnya, ada lakban hitam melingkari benda tersebut. “Terus benda itu terdampar dekat pemukiman warga. Kami langsung lapor ke polisi,” katanya kepada awak media.

Petugas kepolisian baru tiba di lokasi temuan benda misterius itu sekira setengah jam kemudian. Oleh polisi, benda diduga bom itu dinaikan ke darat. Namun benda tersebut tak langsung diperiksa oleh petugas kepolisian tadi. Sebab, petugas polisi tersebut tak memiliki kewenangan dan keahlian untuk memeriksa benda peledak.

Oleh petugas, temuan benda mencurigakan itu dilaporkan kepada Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim untuk ditindak lanjuti. “Sekitar jam 10 baru datang tim gegana, ada dua mobil gegana tadi datang ke sini,” tutup Arif.

Sementara itu, Wakil Komandan Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim, AKP Wiwit Sudaryanto membenarkan, pihaknya menerima laporan ada benda diduga bom di kawasan Kelurahan Damai. Pihaknya pun bergegas mendatangi lokasi yang dimaksud untuk melakukan pemeriksaan.

Setelah tiba, pasukan brimob mensterilkan lokasi penemuan benda mirip bom itu. Sejumlah warga yang hendak melihat dari dekat dijauhkan oleh petugas. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya yang akan terjadi, dan agar penanganan bisa berjalan dengan lancar.

“Setelah itu kami periksa, benda yang menyerupai bom rakitan tersebut dihancurkan oleh petugas,” katanya.

Hasil pemeriksaan, Wiwit membeberkan, benda temuan warga itu dipastikan bukan bom, namun menyerupai bom. Lebih rinci, dia menerangkan, benda tersebut terbuat dari bambu. Kemudian diberi beberapa kabal kecil dan ditutupi dengan lakban merah dan hitam.

“Bukan bom, cuma berbentuk bom rakitan saja. Setelah dilakukan discrapter, tidak ditemukan unsur yang mengandung bom,” terangnya.

Sementara itu, Plh Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Tri Laksono menambahkan, penanganan temuan diduga bom ini telah berakhir pukul 11.30. Saat ini kondisi di lokasi temuan benda mirip bom sudah aman dan kondusif.

“Barang bukti sudah kami bawa ke Polres Balikpapan untuk diamankan dan diselidiki untuk mencari tahu siapa pemeliknya,” tambahnya.

(Sur/ Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *