Metro Kaltim

GOW Kutim Bersama Persit Kartika Chandra Kirana Hasil Hutan Disulap Menjadi Corak Warna Mempesona di Atas Kain

Sanggata, Metrokaltim.com – Turut bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, TP PKK Kabupaten Kutai Timur Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Kabupaten Kutim Bunda Tirah Satriani, SE.MM bersama segenap pengurus turut bermitra dengan Persit Kartika Chandra Kirana Kabupaten Kutim belum lama ini menggelar pelatihan Ecoprint dan Shibori yang berlangsung di Taman Venus.

Menariknya lagi, sebagian besar masyarakat mungkin banyak belum tahu akan kelebihan bahan dasar Ecoprint yang serba alami seperti dari bunga, daun batang serta jenis tumbuhan lainnya dapat mempercantik estetika pesona keindahan tampilan sebuah kain.
Dibawah tangan-tangan terampil para wanita GOW Kutim dan para ibu-ibu Persit Chandra Kirana bahan – bahan alam tersebut mampu mendesain kombinasi corak warna demi performa terbaik tampilan sebuah desain dari kain bahkan memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan apabila produksinya terus dikembangkan (ditingkatkan red).

“Mewarnai di atas kain dengan menggunakan bahan dasar aneka dan beberapa bagian tumbuhan tersebut diatas dasar permukaan kain inilah yang kami namakan teknik membatik kain menggunakan pola pengerjaan Ecoprint,” terang Bunda Tira Satriani.

Istri Wabup Kutim ini menjelaskan melalui pelatihan tersebut sebenarnya memiliki peran yang penting dalam mengasah keterampilan membuat pola dan pewarnaan berkanvaskan bahan kain dengan bahan alami, ramah lingkungan dan jauh dari bahaya zat kimia.

“Dengan pelatihan Ecoprint para peserta nantinya mampu berlatih dan menerapkan di masing-masing lingkungan sekitar huniannya. Serta mampu menambah nilai ekonomi keluarga sejahtera apabila tekun dalam memproduksi ketrampilan rumahan ini,”imbuh Bunda Tira Satriani sekaligus selaku Kabid Promosi dan Industri pada Dinas Pariwisata Kutim.

Dalam pengembangan keterampilan melalui kreatifitas hasil alam melalui membatik kain metode Ecoprint sudah menjadi suatu kewajiban dan amanah seorang Bunda Tira Satriani selaku kabid Promosi dan Industri pada Dinas Pariwisata Kutim termasuk menakhodai Gow dalam mensosialisasikan secara berkelanjutan “sustainablity”

(aji/ Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *