Beragam Kompetisi Safety Meriahkan Bulan K3 di Pertamina Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Usai sudah peringatan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) 2020 di lingkungan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI. Lombah pilah sampah yang diikuti ratusan pekerja dan mitra kerja Pertamina menjadi acara penutup rangkaian Bulan K3.

Diketahui, Bulan K3 sudah dimulai sejak Minggu, 12 Januari 2020. Tahun ini Pertamina mengusung tema ‘Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun Budaya HSSE’. Tema tersebut mengacu Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 328/2019. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era revolusi industri 4.0 dalam mewujudkan bisnis.

Dalam peringatan Bulan K3, Pertamina MOR VI Balikpapan menggelar berbagai macam kegiatan. Seperti pada Kamis (20/2) lalu di Kantor Pertamina MOR VI Balikpapan. Pertamina menggelar kompetisi security contest, tank truck fire and rescue competition, fire gear speed competition, working at height competition dan lock out tag out competition.

Bertepatan hari Sampah Nasional pada Jumat (21/2) lalu, Bulan K3 resmi ditutup oleh Pjs General Manager Pertamina MOR VI, Sunardi, bersama pekerja, jajaran manajemen dan mitra kerja Pertamina. Untuk memeriahkan penutupan ini, Pertamina menggelar lomba pilah sampah di kantor Pertamina MOR VI Balikpapan.

Tujuan dari lombah pilah sapah ini tak lain untuk mengedukasi bijak sampah bagi insan Pertamina MOR VI dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Semua peserta dalam kegiatan Bulan K3 ini adalah ratusan pekerja dan mitra kerja Pertamina.

Region Manager Community, Relations and CSR, Roberth Marchelino Verieza berharap, nilai-nilai positif dalam kegiatan Bulan K3 ini bisa diimplementasikan para peserta di kehidupan sehari-hari, khususnya di dunia kerja. Sehingga apa yang menjadi cita-cita peringatan Bulan K3 bisa terwujud.

“Pertamina selalu berupaya untuk menjadikan K3 ini sebagai sebuah budaya, bukan hanya sekadar program kerja atau peringatan semata,” katanya.

Roberth turut memaparkan rangkaian kegiatan sejak dimulainya Bulan K3. Salah satunya program Patuh On The Ship. Program ini untuk mengasah kemampuan para pekerja saat di lokasi kerja dalam mengidentifikasi unsafe condition maupun unsafe condition yang berada di area Jetty dan kapal.

Hasil kegiatan Patuh On The Ship akan direkapituliasi dan ditindaklanjuti. Temuan terbanyak dan tindak lanjut paling produktif akan mendapatkan reward.

Namun kegiatan Bulan K3 bukan hanya diperuntukan internal Pertamina saja, tapi juga eksternalnya. Seperti kegiatan safety bagi kontraktor dan komunitas. Kegiatan tersebut adalah pelatihan untuk safety man kontraktor yang melakukan project pekerjaan di MOR VI dan mendapatkan sertifikasi untuk peserta yang mengikuti pelatihan.

Selain itu ada juga lomba pembuatan video yang berkaitan dengan safety moment. Missinya agar pesan-pesan digital yang dirangkum dengan baik dan unik lebih mudah diterima oleh penerima pesan dan mudah juga untuk disebarluaskan.

Dijelaskan Roberth, semua rangkaian kegiatan Bulan K3 ini salah satu tujuannya adalah meningkatkan kepedulian dan partisipasi insan Pertamina dan mitra kerja terhadap sistem manajemen K3 serta implementasi budaya K3 di lokasi kerja.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, tidak akan terjadi sebuah kejadian yang dapat merugikan dan peduli satu sama lain untuk saling mengingatkan dan memitigasi risiko dari ptotensi-potensi kejadian yang ada,” tandasnya.

(sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *