Berharap Silpa 2021 Bisa Menambah Kegiatan di Perubahan, Haris : Dispenda Harus Bekerja Keras Capai PAD

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi II DPRD kota Balikpapan gelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) kota Balikpapan dan UPT Pemeliharaan Gedung kota Balikpapan.

Agenda ini membahas tentang realisasi pengguna anggaran triwulan tahun 2021 dan Silpa anggaran tahun 2020 PAD wajib pajak triwulan tahun 2021 di ruang rapat paripurna, Selasa (27/4).

Sementara untuk Silpa tahun 2020 ini diperkirakan Rp 233 miliar yang berasal dari PAD tahun 2020 dengan jumlah Rp 685 miliar, yang mana besaran itu dikurangi Rp 445 miliaran, diantaranya Rp 71 milliar anggaran recofusing dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 13 miliaran.

Ketua Komisi II DPRD Balikpapan H Haris mengatakan, setelah beberapa waktu lalu recofusing anggaran sebesar Rp 71 miliar, pihaknya mempertanyakan Silpa yang ada di tahun 2021. Dan ia masih menunggu hasil dari pemeriksaan BPK untuk mengetahui jumlah Silpanya.

“Dan semoga Silpa yang ditentukan jumlahnya itu, bisa menambah suatu kegiatan di perubahan tahun 2021,” ucap H Haris.

Ia juga menanyakan bagaimana dengan recofusing yang berjumlah Rp 71 miliar, mengingat ada pergeseran gaji di bulan November-Desember. Maka itu, jangan sampai PAD tidak tercapai, tentu itu merupakan suatu masalah karena ada dana yang digeser.

Sementara untuk PAD yang harus dicapai sebesar Rp 692 miliar. Ia minta Dispenda untuk bisa bekerja keras untuk mencapai PAD kota Balikpapan.

Kepala BPPDRD Heamusri Umar menambahkan, untuk realisasi PAD triwulan pertama di tahun 2020 sebesar Rp 137 miliar, yang mana sektor pajak daerah sebagai penyumbang terbesar sekitar 69 persen. Namun sempat terjadi penurunan. Dan untuk target PAD di tahun 2021 mencapai Rp 692 miliar dan baru terealisasi sebesar Rp 107 miliar.

“Diharapkan dari target Rp 515 miliar penerimaan pajak dan retribusi daerah dari sektor PBB dan BPHTB bisa mendobrak PAD dari sektor penerimaan pajak tahun ini,” ungkap Heamusri.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *