Berinovasi di Tengah Pandemi Covid-19, Berikan Pelayan Tulus Kepada Masyarakat

Balikpapan, Metrokaltim.com – “Wedang Kelor”, ya mungkin sebagian masyarakat masih aneh dengan olahan minuman herbal yang satu ini. Namun, jika sudah mengetahui khasiat dan kegunaannya dipastikan akan ketagihan dan rutin mengonsumsinya.

Dari namanya sendiri, sudah jelas bahan dasar utama pembuatan minuman herbal tersebut berasal dari daun kelor. Manfaat daun kelor atau bahasa latinnya moringa oleifera bagi kesehatan tubuh tidak di ragukan lagi. Tanaman herbal ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah, memperlancar air susu ibu (ASI) hingga mencegah kanker.

Inovasi minuman herbal ini dicetuskan oleh istri Ketua RT 68 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Anita. Dia bersama para kader Posyandu Semarak Ceria berinovasi menciptakan makanan dan minuman sehat tersebut di tengah pandemi.

Apalagi salah satu minuman sehat yang diciptakannya ini sangat berkhasiat untuk menjaga ketahanan tubuh termasuk bagi ibu-ibu yang sedang dalam menyusui, karena diketahui minum wedang kelor tersebut merupakan campuran dari daun kelor, jahe serta jeruk.

Sebagai ketua Kelompok Produksi Makanan Sehat Patra Wonderfood Snack (Pawon) inovasinya menciptakan minuman mendapatkan respons baik dari warga, salah satunya seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Muara Rapak.

“Kader gizi puskesmas beli dan dia katakan rasanya enak serta memperlancar ASI. Kami produksi wedang kelor itu pada pertengahan bulan Agustus lalu,” ujar Anita saat di temui Metro Kaltim.

Inovasi terus dilakukan bersama anggota Posyandu Semarak Ceria ini. Bahkan dia berencana akan membuat wedang kelor dalam bentuk bubuk. Untuk harga sendiri relatif terjangkau, wedang kelor sendiri dibanderol dengan harga Rp 10 ribu.
“Varian rasa juga kami buat, karena ada orang yang tidak suka susu,” ucapnya.

Berangkat dari hasil inovasinya bersama anggota posyandu ini, sejumlah produk terus di kembangkan untuk menambah nilai ekonomi bagi keluarga. Hal juga yang membuat mereka dilirik oleh PT Pertamina dan diberikan support oleh pihak PT Pertamina, sehingga para anggota kelompok ini bisa berkreasi dan melakukan pelayanan dengan tulus kepada masyarakat.

Semua kegiatan produksi makanya dan minuman sehat di lakukan di Posyandu Semarak Ceria, selain memproduksi ada juga tugas anggota lainnya yakni menjaga buah hati ibu-ibu yang sedang sibuk produksi makanan dan minuman.

“Jadi ada juga tugas lain yakni menjaga anak-anak belajar dan bermain semua di lakukan secara ikhlas sehingga semua bisa berjalan dengan baik,” jelas Anita.

Selain kegiatan memproduksi makanan dan minuman sehat, Kelompok Posyandu Semarak Ceria ini juga kerap melakukan pembinaan terkait Kesehatan. Hal ini terbukti pada tahun 2018 silam Posyandu Semarak Ceria ini merupakan posyandu yang paling banyak kadernya, dan mengikuti program SEHATI dari Pertamina khusus untuk di bidang pelayanan kesehatan balita dan lansia.

“Saat itu ada satu balita yang kurang gizi untuk pertumbuhan ya stanting lah, selama tiga bulan mendapatkan makanan tambahan dari CSR Pertamina,” bebernya.

Karena keaktifan para kader posyandu itu lah membuat PT Pertamina terus mensupport kegiatannya. Setiap bulan pembina dari Pertamina selalu mengunjungi posyandu ini. Bahkan bantuan berupa pelatihan, peralatan juga turut diberikan agar posyandu ini bisa terus memberikan pelayanan ke masyarakat.

Sejauh ini sejak awal produksi wedang kelor sudah mencapai 700an botol. “Saat ini kami proses pembuatan label halal, kita terhambat karena corona. Untuk produksinya tergantung pesanan, kita takut nyetok karena kita gak pake bahan pengawet,” kata Anita.

Sementara itu, salah satu konsumen wedang kelor menyebutkan khasiat dari mengonsumsi minuman herbal ini sangat terasa. “Awalnya ASI saya tidak lancar setelah minum wedang kelor ini jadi lancar. Saya rutin membeli dua hari sekali. Awalnya sempat ragu tapi setelah merasakan khasiatnya jadi tidak ragu lagi,” ungkap salah satu konsumen.

Sejauh ini untuk pemasaran produk-produk makanan dan minuman herbal mereka melakukan secara online. Serta kerap mengikuti event-event yang digelar baik oleh Pertamina maupun yang bekerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi). Karena saat ini Anita bersama anggota posyandu nya juga tercatat sebagai anggota Iwapi Kota Balikpapan.

(Idris/ryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *