Metro Kaltim

Bermain di Pantai Lalo Bontang, Tiga Warga Tewas Tenggelam

Bontang, Metrokaltim.com – Tiga anak ditemukan tewas saat bermain di pantai Lalo Bontang Lestari, Bontang, Kalimantan Timur pada Sabtu (16/11) malam.

Ketiganya diketahui bernama Shafa Hariawan Saftianaupa (13) warga Sangatta, Chairil Ikhsan warga Lok Tuan Bontang dan Cavan Rijal Fairul warga Muara Badak.

Peristiwa nahas tersebut bermula saat ketiganya bersama teman-temannya pergi ke Pantai Lalo Bontang Lestaris untuk bermain di pantai. Sesampainya di sana mereka bermain dan berenang di pantai. Sekira pukul 17.15 Wita, ketiga anak tersebut tenggelam terser arus. Setelah dilakukan pertolongan oleh warga dan saksi di lokasi kejadian Shafa berhasil ditemukan duluan. Korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Akan tetapi takdir berkata lain. Oleh dokter Shafa dinyatakan meninggal dunia.

Tak berhenti sampai disitu warga sekitar yang mengetahui masih ada dua orang temannya korban yang belum ditemukan melakukan pencarian. Hingga akhirnya pada Sabtu (16/11) malam sekira pukul 20.50 Wita, Herianto (45) menghubungi pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan atau yang terkenal disebut Basarnas.

Tim SAR saat evakuasi jasad korban tenggelam.

“Kami terima laporan pada Sabtu (16/11) malam sekira pukul 20.50 Wita, sementara kejadian itu sore aekira pukul 17.15 Wita. Awalnya laporan adanya kondisi membahayakan manusia, di Pantai Lalo Bontang Lestari, Kalimantan Timur,” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Operasi, Octavianto.

Setelah mendapat informasi tersebut tim Basarnas yang berada di Pos Pencarian dan Pertolongan Kutai Timur (Kutim) langsung bergerak ke lokasi kejadian sekira pukul 21.00 Wita. Dengan menempuh jarak sekira 79 kilometer Barat Daya.

“Waktu tempuh sekira 2 jam melintasi jalur darat, dengan mengerahkan alut SAR dan peralatan diantaranya Rescue Car, Rubber Boat dan lainnya,” bener Octa sapaan akrabnya.

Sesampainya di lokasi, tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian hingga akhirnya sekura pukul 22.10 Wita satu korban bernama Chairil Ikhsan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Saat itu korban langsung dibawa ke RS Bontang,” katanya.

Selang 17 menit kemudian, tepatjya sekira pukul 22.27 Wita korban terakhir Cavan Rijal Fairul juga telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, dan langsung di bawa ke RS Bontang. Dengan demikian seluruh korban telah ditemukan.

“Karena seluruh korban sudah ditemukan operasi SAR ditutup, dan seluruh tim kembali ke tempat masing-masing,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *