Berpotensi Menambah PAD, Andi Harun Tinjau Aset Pemkot di Gedung Plaza 21 Samarinda

Samarinda, Metrokaltim.com – Sejumlah aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang berpotensi meningkatkan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mulai diberikan perhatian khusus oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Satu persatu aset berupa lahan hingga gedung dikunjungi guna melihat langsung kondisinya di lapangan. Pada Kamis (20/5) siang, Andi Harun meninjau salah satu aset daerah kota Samarinda yang menurutnya cukup potensial. Ya, Plaza Samarinda atau yang juga dikenal dengan Plaza 21 menjadi lokasi peninjauan.

Wali Kota Samarinda beserta jajaran yang ikut serta dalam agenda peninjauan menemukan beberapa hal yang menjadi poin untuk ditindaklanjuti. Selain perjanjian dengan pihak ketiga yang diduga oleh pihaknya terjadi wanprestasi, Andi Harun juga menyatakan bahwa berdasarkan dokumen resmi yang dimiliki Pemkot Samarinda, kewenangan Pemkot Samarinda pada gedung yang dulu nya adalah pusat perbelanjaan ini ialah di bagian basement.

“Setelah kita sampe di bawah (basement) ternyata banyak yang parkir, setelah saya tanya penjaga nya ternyata yang parkir adalah orang BNI. Maka saya langsung minta Satpol dan staf untuk memanggil BNI dan tadi sudah datang wakil pimpinannya. Rupanya pihak BNI memberikan pengakuan bahwa pihaknya bayar bulanan sekitar Rp 3 juta kepada pihak tertentu,” papar orang nomor satu di Kota Tepian ini.

Jika melihat kewenangan pengelolaannya, pembayaran yang dilakukan oleh pihak BNI tersebut salah sasaran, karena yang berwenang di area basement Plaza 21 tersebut adalah pemkot Samarinda.

“Besok saya minta pihak BNI berkoordinasi dengan Assisten III dan dinas terkait dan kita juga akan libatkan Bappeda untuk mengkoordinir PAD nya,” ujarnya.

Andi Harun juga menambahkan bahwa menurutnya Plaza 21 ini sangat potensial untuk pemasukan PAD Kota Samarinda dan sudah banyak pihak juga yang tertarik untuk memfungsikan bangunan tersebut.

“BPD tertarik, BNI tertarik, dan banyak pihak ketiga yang tertarik dengan bangunan ini, termasuk pihak hotel,” tandasnya.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *