Bersama 13 Relawan, Info Bencana Balikpapan dan Ruslan Terima Penghargaan di HUT Basarnas, Selalu Antusias Demi Tugas Kemanusiaan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Salah bentuk penghargaan kepada para relawan diberikan oleh Basarnas Kaltimtara pada HUT Basarnas ke-49, yang berlangsung pada Jumat (5/3) pagi.

Bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, 13 organisasi relawan dan dua relawan perorangan diberikan penghargaan secara langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta.
Menurutnya penyerahan penghargaan kepada mitra Basarnas ini karena dedikasi mereka tanpa pamrih, siang dan malam ikut terjun dalam operasi SAR, khususnya di wilayah Balikpapan.

“Tujuan kami karena relawan di Balikpapan sangat antusias demi tugas kemanusiaan dan mereka tanpa pamrih siang malam terlibat,” ungkap Melkianus, usai kegiatan HUT Basarnas ke-49 tahun.

Sejauh ini keberadaan para relawan ini dianggap sangat membantu tugas pokok Basarnas saat terjadinya potensi bencana dan yang membahayakan jiwa manusia.

“Koordinasi sendiri kami sangat luar biasa di Balikpapan, baik dengan mitra TNI-Polri dan relawan, tuntutan respons time sangat cepat, tanpa relawan-relawan ini kami Basarnas tidak bisa,” katanya.

Ruslan, salah satu relawan perorangan yang menerima penghargaan atas dedikasinya tanpa pamrih dan tak mengenal waktu membantu tugas-tugas Basarnas Kaltimtara dalam operasi SAR.

Dalam penyerahan penghargaan kepada mitra Basarnas kali ini. Ada 13 organisasi relawan yang menerima salah satunya relawan Info Bencana. Serta dua relawan perorangan yakni Edi Setiono Magopung, dan Ruslan yang merupakan koordinator lapangan Info Bencana atau yang dikenal dengan IB 07.

“Dari sisi kemanusiaan mereka sangat luar biasa, dalam memberikan informasi sangat cepat dan membantu tugas-tugas Basarnas,” ucap Melkianus.

Dia pun berharap, ke depan para relawan dan mitra Basarnas ini dapat lebih bersinergi lagi, dan meningkatkan silaturahmi. Baik dalam operasi SAR maupun operasi lainnya.

“Untuk evaluasi di HUT ke-49 ini kami akan tingkatkan kinerja kami, baik itu dengan internal maupun eksternal, baik dengan TNI-Polri maupun relawan,” ujarnya.

Ditanya terkait kemampuan para personel Basarnas Kaltimtara, Melkianus mengatakan para personelnya sudah berstandar internasional.

“Dengan dukungan dari relawan kita tingkatkan lagi. Untuk jumlah personel sendiri dengan luas di Kaltim bagi kami sangat kurang sama sekali, dengan dukungan potensi TNI-Polri dan relawan kami sangat terbantu,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *