Bertambah, Pasien Positif Corona di Balikpapan Jadi Enam Orang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Penderita corona virus disease (Covid)-19 di Balikpapan bertambah. Setelah pada Kamis (19/3) malam pemerintah mengumumkan ada satu pasien positif corona di Balikpapan, kini pemerintah kembali mengumumkan ada tambahan pasien positif corona di kota ini.

Tambahan pasien tersebut berjumlah lima orang. Itu artinya, total ada enam pasien terkonfirmasi terpapar virus asal Wuhan ini. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, saat konferensi pers di halaman Kantor Pemkot Balikpapan, Jumat (20/3) sore.

“Lima yang ada di Balikpapan ini tiga orang jenis kelaminnya perempuan, duanya laki laki. Ada suami-istri. Sebagian besar tinggal di Balikpapan Selatan,” kata Rizal didamping beberapa pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Balikpapan.

Lebih lanjut, Rizal menerangkan, tiga dari lima pasien corona terbaru itu ada sangkut pautnya dengan pasien positif corona yang diumumkan sehari sebelumnya. Sedangkan dua orang lainnya memiliki riwayat perjalan ke daerah rawan corona.

“Tiga orang ini berkaitan dengan dengan pasien yang positif pertama, yang pertemuan di Bogor. Kemudian duanya (pasien positif corona lainnya) ini sebelumnya sempat berpergian ke Jepang. Dan kita lakukan pemeriksaan tanggal 13 maret dan ternyata pagi tadi hasilnya positif,” beber pria berkacamata itu.

Meski sudah ada enam pasien positif corona di Balikpapan, Rizal meminta agar warga tetap tenang. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan banyak orang. Dia pun memastikan pemerintah akan terus bekerja untuk memerangi virus mematikan ini.

“Kami dari pemkot meminta masyarakat tetap tenang dan tetap waspada dan jangan panik. Langkah pencegahan mari kita lakukan bersama, tidak hanya pemkot tapi juga masyarakat. Seperti cuci tangan dan menghindari kerumunan,” tandasnya.

Diketahui, keenam pasien positif corona itu dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD). Di sana mereka telah diisolasi untuk mendapatkan perawatan medis.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *