Kapal Tenggelam di Kutim, Empat Warga Balikpapan Bertahan Pakai Gabus

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kecelakaan laut terjadi di perairan sekitar Kutai Timur (Kutim). Sebuah Kapal Motor (KM) Tarjun 03 di perairan tersebut, pada Senin (16/3) dini hari. Semu korban selamat setelah terombang-ambing di lautan selama enam jam.

Informasi yang dihimpun Metro Kaltim, nahkoda KM Tarjun 03 adalah Mahmud (26), warga Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Di kapal kayu itu, Mahmud bersama empat anak buah kapalnya, yakni Lampe (63), Tyson (37), Zulvan (26) dan Asran (20).

Sama seperti Mahmud, Asran juga tinggal di Baru Ulu. Sedangkan Tyson dan Lampe tinggal di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Sementara Zulvan merupakan warga Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Mahmud menceritakan kronologsi kecelakaan air ini. Pada Minggu (16/3), ia bersama Lampe, Tyson, Zulvan dan Asran hendak ke Tarakan via laut menggunakan KM Tarjun 03. Mereka berangkat dari Balikpapan, sekira pukul 07.00 Wita.

“Kami membawa tabung gas untuk las. Ada 150 tabung yang kami bawa,” katanya saat dihubungi media ini, Jumat (20/3) sore.

Setelah 20 jam berlayar, KM Tarjun 03 diterjang ombak besar sekitar 2 meter. Hal ini membuat lambung kapal bermesin 250 PK itu bocor. Akibatnya, kapal kebanjiran air laut. Para ABK bukan pasrah melihat kondisi ini. Mereka mencoba membuang air menggunakan mesin pompa. “Pompa yang digunakan mengalami kerusakan sehingga tidak berfungsi,” beber Mahmud.

Usaha para ABK untuk menyelamtkan kapal pun sia-sia. Dalam hitungan menit, KM Tarjun 03 tenggelam ke dasar laut. Mahmud bersama empat anak buahnya berusaha melamatkan diri dengan mengunakan gabus yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sekitar enam jam mereka bertahan di tengah laut sambil memegangi gabus. Mereka lalu diselamatkan oleh tugboat Fortuner V yang tengah milintasi kawasan tersebut. “Jam 9-an ada kapal tugboat, kami berenang ke kapal itu. Kemudian ditolongi kapten kapalnya. Terus kami dibawa ke Sangkulirang (Kecamatan di Kutim),” tandasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kamarkas Polairud Sangkulirang, Brigpol Zaenal Abidin membenarkan, jika KM Tarjun 03 tenggelam di perairan Kutim. Saat ini, semua korban telah di pulangkan ke rumahnya masing-masing.

“Setelah mendapat laporan, kami mendatangi TB Fortuner V yang membawa ABK KM Tarjun. Kemudian kami berkoordinasi dengan Pospol dan TNI AL. Sekarang Kelima korban sudah tiba di Baikpapan pada Kamis (19/3) kemarin,” katanya.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *