Besok, 367 Pedagang Pasar Klandasan Divaksin

Balikpapan, Metrokaltim.com – Vaksinasi covid-19 tahap kedua dosis pertama, akan diberikan kepada pekerja publik besok (26/2) pagi. Yang mana vaksin akan diberikan pada pedagang pasar.

Setelah pedagang pasar, vaksin akan berlanjut ke tenaga pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, wartawan, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta anggota TNI-Polri.

“Sebanyak 367 pedagang Pasar Klandasan akan dilakukan vaksinasi. Dan sampai saat ini pedagang sudah siap, hari ini Kodim akan pasang tendanya,” kata Wali Kota Rizal Effendi dalam Konfrensi Pers, Kamis (25/2).

Rizal menyampaikan vaksinasi ini merupakan tahap dua, setelah pemberian vaksin kepada para tenaga kesehatan. Dan akan dilakukan di dua tempat yakni di halaman Kantor Kelurahan Klandasan Ilir dan halaman depan Pasar Klandasan.

“Besok vaksinasi akan di mulai dari Pasar Klandasan dan dibagi menjadi dua tempat, tepatnya di area parkir pasar dan halaman parkir Kelurahan Kelandasan Ulu. Kami menyiapkan 4 tim vaksinasi, sasaran 367 pedagang,” ucap Rizal.

Sementara untuk vaksinasi pedagang ini akan di selesaikan dalam satu hari. Karena jika tidak akan dilanjutkan pada Sabtu (27/02). Mudah-mudahan bisa selesai dalam sehari ini, kalau tidak akan di tindaklanjuti besoknya.

Ia mengimbau untuk para pedagang bersedia divaksin, sehingga imunitas kelompok pedagang terjaga.

“Mudah-mudahan lancar kita melaksanakan vaksinasi. Mohon pedagang bersedia datang, mau divaksin,” jelasnya. 

Sementara untuk vaksinasi massal akan dilakukan pada tanggal 27-28 Februar 2021 di gedung Sport Center Dome. Yang mana pihaknya akan fokus untuk 1.000 orang 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, vaksinasi tahap kedua yang akan dimulai besok akan di fokuskan kepada pedagang Pasar Klandasan. Setelahnya akan berlanjut ke pasar-pasar tradisional lainnya di Balikpapan.

“Target vaksinasi sebanyak 367 pedagang pasar, dengan 4 tim tenaga kesehatan terdiri dari empat meja tahapan vaksinasi, mulai dari pendataan, pemeriksaan kesehatan, penyuntikkan hingga observasi,” paparnya.

Dirinya menambahkan, bahwa pedagang yang divaksinasi setidaknya harus melewati beberapa tahapan mulai dari registrasi atau verifikasi data, proses screening untuk memastikan kondisi kesehatan tubuhnya. Jika dinyatakan lolos screening, penerima vaksin akan langsung divaksinasi covid-19.

Penerima vaksin tidak dibolehkan langsung pulang setelah disuntik, diharuskan menunggu selama 30 menit di tempat yang tersedia untuk memeriksa hasil observasi. Setelahnya penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksin dan diizinkan untuk meninggalkan lokasi.

Vaksinasi akan terus berlanjut di hari-hari berikutnya yang bertempat di BSCC Dome dengan target 1.000 orang. Sedangkan Balikpapan mendapatkan kuota 9.416 dosis vaksin yang diperuntukkan untuk anggota DPRD, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, TNI-Polri, Atlet, Guru, tokoh agama hingga apartur sipil negara (ASN).

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *