BI dan Menteri Keuangan Resmi Rilis Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan resmi merilis Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Peresmian dilakukan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual.

Sri Mulyani mengatakan, perencanaan serta penentuan jumlah rupiah yang dicetak telah melalui koordinasi dengan berbagai pihak.

“Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018,” terangnya.

Dia menambahkan, pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia itu bukan merupakan pencetakan uang baru yang diedarkan secara bebas dan tersedia di masyarakat. Bukan juga sebagai tambahan likuiditas untuk pembiayaan pelaksanaan ekonomi.

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

“Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp 75 ribu, dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta lembar yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, peluncuran tahun ini merupakan kali keempat. Sebelumnya penerbitan dilakukan pada peringatan kemerdekaan ke-25 pada 1970, kemerdekaan ke-45 pada 1990, dan kemerdekaan ke-50 pada 1995.

“Ke depan, insya Allah, Uang Peringatan Kemerdekaan RI akan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” timpal Perry.

Uang kertas baru pecahan Rp 75 ribu yang dirilis bergambar Proklamator RI, yakni Soekarno-Hatta. Berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945. Di sisi lain, uang ada siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya dan gambar satelit di sebelahnya.

“Dilengkapi unsur teknologi terbaru dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar uang rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya. Nyaman dan aman digunakan, lebih sulit dipalsukan,” rincinya.

Disebutkan uang yang dikeluarkan dan diedarkan ini sebagai alat pembayaran yang sah. Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan kemerdekaan ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah senilai Rp 75 ribu.

“Kami telah mendistribusikan uang peringatan ke seluruh kantor Bank Indonesia. Masyarakat bisa melakukan penukaran melalui pemesanan online,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *