Bidhumas Polda Kaltim Gelar Sosialisasi “Peran Komunitas Dalam Menanggulangi Hoax”

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bid Humas Polda Kaltim menggelar sosialisasi bijak bermedia sosial dengan mengangkat tema” Peran Komunitas Dalam Menanggulangi Hoax” yang di gelar di lantai 3 Politeknik Negeri Balikpapan pada, Selasa (22/02/2022).

Dalam Sambutannya, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo yang wakili oleh AKBP Yustiadi Gaib mengatakan, Salah satu program prioritas kapolri yakni penguatan sistem komunikasi publik, dimana saat ini ada dua fenomena dunia yang berpengaruh yaitu demokratisasi ditandai salah satunya menguatnya media dan globalisasi yang membawa kita menuju masyarakat yang informasi.

Media sosial yang kini menjamur seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Blog saat ini menjadi wahana yang turut mewarnai di ruang publik. Saat ini media sosial menjadi bagian hidup masyarakat, namun bagaimana masyarakat bisa memfilter informasi yang masuk di media sosial sebelum di share sebaiknya di saring agar tidak terjadi informasi yang hoax.

” Masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial saat ini, termasuk para mahasiswa/i, pahami informasi yang masuk, saring sebelum sharing,” ucapnya.

Dengan diselenggarakan sosialisasi ini di harapkan dapat memberikan gambaran dan edukasi kepada mahasiswa/i bagaimana bijak dalam bermedia sosial serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang aturan bermedia sosial agar tidak melanggar rambu-rambu.

Dalam sosialisasi yang di gelar Bid Humas Polda Kaltim juga di ikuti secara virtual oleh Mahasiswa/i guna menjaga protokol kesehatan lantaran saat ini penyebaran Covid-19 Gelombang ke tiga menyebar dengan cepat di kota Balikpapan.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi, Rektor Politeknik Negeri Balikpapan, Ramli, SE, MM serta Narasumber R. Nugroho Dharries S, penggiat Sosial Media.

Dalam penyampaiannya Dharries mengatakan, aturan UU ITE tersebut memandu bagaimana berpendapat yang santun di media sosial sehingga kritik yang di timbulkan merupakan kritik membangun, sehingga orang yang di kritik tidak tersinggung.

” Harus beretika memberikan kritik baik secara langsung maupun melalui media sosial,” jelasnya.

Kritik harus juga memberikan solusi, sehingga tidak melakukan kritik secara tanpa ada solusinya, pungkasnya.

Para mahasiswa/i yang mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan di Poltekba Negeri Balikpapan sangat antusias dengan dipandu oleh moderator Wiji, yang sudah malang melintang di dunia Jurnalistik, sehingga acara sosialisasi lebih hidup.

Sebelum berakhirnya acara sosialisasi para panitia, Narasumber dan juga peserta melakukan foto bersama.

(Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *