BNNK Balikpapan Atensi Peredaran Tembakau Sintesis di Kalangan Pelajar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan menggelar kegiatan bertema meningkatkan kapasitas kepada insan media untuk mendukung kota tanggap terhadap ancaman narkoba, yang dihadiri perwakilan jurnalis Kota Balikpapan, pada Selasa (8/6) pagi di Swiss-Bell Hotel.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BNNK Balikpapan Kompol M Daud menyebut pada tahun 2021 ini sudah berhasil mengungkap tiga kasus narkoba. Salah satunya narkoba jenis baru yakni tembakau gorila atau sintetis.

“Ini merupakan kasus baru dengan jenis narkoba baru tembakau sintetis,” ujar Daud.

Kepala BNNK Balikpapan, Kompol M Daud.

Dia juga mewanti-wanti terkait peredaran barang haram yang satu ini. Apalagi khususnya pada usia muda, karena yang menjadi sasaran tembako gorila ini adalah usia muda dan produktif, yakni para pelajar hingga mahasiswa.

“Ini peredarannya melibatkan para pelajar yang usianya sangat muda, jadi perlu diwaspadai. Saat inu sedang kita perluas,” terangnya.

Ditanya seberapa bahaya tembakau sintetis hingga menjadi atensi BNNK Balikpapan, perwira polisi berpangkat satu melati dipundak ini menjelaskan, dari segi tembakau sejatinya tidak berbahaya. Namun lebih kepada sintetisnya atau zat kimia yang terkandung dicampurkan ke dalam tembakau tersebut ternyata masuk dalam golongan narkotika.

“Makanya itu bukan barang bukti jenis tumbuhan, tapi jenis kimia. Efeknya sama, seperti halusinasi dan lainnya, kemudian ketergantungan,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *