Bobol 6 ATM Senilai Rp2,4 Miliar, Pelaku Liburan Ke Bali

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ditreskrimum Polda Kaltim membekuk pelaku pembobol 6 ATM setoran tunai di tiga wilayah di Kalimantan Timur.

Aksi pelaku di lakukan sejak bulan September hingga Januari 2022. Dalam aksinya pelaku melakukan membobol ATM dengan nilai mencapai 2,4 miliar rupiah.

Pelaku di bekuk tim Jatanras Polda Kaltim di Samarinda pada 5 januari 2022 saat pelaku beraksi di Samarinda.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo yang didampingi Kanit Jatanras Polda Kaltim Kompol Aris mengatakan, pelaku dengan inisial A-T (29) yang merupakan warga Samarinda melakukan aksinya di tiga daerah Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan kota Samarinda dalam kurun waktu bulan September hingga Januari 2022.

“Modusnya bukan mengambil, membongkar ATM itu, tapi menggunakan cara yang sudah dia pelajari. Sebagian sudah dia gunakan, untuk biaya hidup dan gaya hidup,” jelas Kabid Humas Polda Kaltim, saat pres rilis di Mako Polda Kaltim, Kamis (17)02/2022).

Pelaku dengan inisial A-T merupakan mantan karyawan dari salah satu perusahaan teknis perawatan mesin ATM, dan sempat keluar, kemudian bekerja secara freelance menerima jasa perbaikan atau perawatan mesin ATM. Namun hal itu yang dia manfaatkan sendiri, mengambil keuntungan melalui cara yang sudah dia pelajari untuk memperkaya sendiri.

“Yang jelas ada kerugian, dan memang ada terjadi tindak pidana,” ucap Yusuf.

Pelaku yang beraksi seorang diri di ketahui oleh pihak bank dikarenakan ada setoran dalam sistemnya masuk, namun fisiknya tidak ada. ” Setelah dihitung neracanya oleh perbankan, menemukan selisih yang cukup banyak,”

Pelaku A-T sendiri sempat berlibur ke Bali bahkan menyewa Helicopter di Bali saat bersenang-senang dengan image hasil curian yang dilakukan.

” Selain untuk berlibur, uang hasil curian kuah di gunakan untuk membeli barang elektronik dan biaya hidup,” bebernya.

Atas perbuatannya pelaku di kenakan Pasal 363 jo. Pasal 4 dan Pasal 5 KUHP dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara.

(Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *