Metro Kaltim

Bobol Toko Ponsel, Tiga Pelaku Ditangkap, Dua ABH Begini Caranya Beraksi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sedikitnya delapan unit ponsel berbagai merek, laptop, power bank hingga aksesoris hp dijarah oleh pelaku pencurian. Aksi pembobolan toko ini sendiri terjadi di kawasan Jalan Dr Sutomo Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah, tepatnya di Toko Energi Phone.

Aksi pencurian tersebut terjadi pada Kamis (12/9) pekan lalu. Di mana sang pemilik kaget bukan kepalang saat pagi hari hendak membuka toko. Sejumlah barang dagangan hilang dan kondisi toko terluhat acak-acakan.

Merasa menjadi korban pencurian, sang pemilik toko kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Balikpapan Utara. Mendapatkan laporan tersebut Tim Batman Satreskrim Polsek Balikpapan Utara pun langsung meluncur untuk melakukan olah TKP.

Rupanya aksi pelaku ini terekam CCTV, dari rekamannya terlihat ada empat oramg yang diduga sebagai pelaku pembobolan. Dari sanalah, polisi berhasil mengantongi identitas pelakunya. Satu persatu yang diduga pelaku mulai diciduk.

Dari keempat pelaku, polisi berhasil mengamankan tiga pelaku diantaranya Apri (23) diamankan di kawasan Sepinggan pada Kamis (19/9) siang, sedang dua lainnya merupakan anak berhadapan dengan hukum (ABH) berinisial AN (15) dan SH (14) diketahui masih duduk dibangku SMP.

“Satu pelaku masih buron, masih kami lakukan pengejaran,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara Iptu Subari.

Berdasarkan keterangan pelaku aksinya dilakukan pada Kamis (12/9) dini hari lalu. Pelaku memanjat toko dua lantai tersebut lalu masuk ke lantai dasar dan menggasak barang berharga.

“Pelaku ini bobol pintu lantai atas setelah masuk lalu dia mengambil barang-barang,” bebernya.

Para pelaku ini mempunyai peran masing-masing dalam melancarkan aksinga, diantaranya dua orang masuk ke dalam toko sedangkan dua lainnya berjaga-jaga di luar toko.

“Karena kasus ini korban mengalami kerugian Rp 35 Juta. Ada sebagian barang bukti kami amankan akan tetapi yang terbanyak dibawa oleh pelaku yang masih buron,” jelasnya.

Pemilik Toko, Cece mengpresiasi anggota Polsek Balikpapan Utara yang sigap dalam melakukan pengungkapan pencurian di tokonya. “Dari kami laporan sampai ditangkap responnya cepat. Sigapnya polisi juga sangat baik,” timpalnya.

Meski mengalami kerugian, korban mengaku sepenuhnya diserahkan kepada proses hukum. “Kami serahkan semuanya kepada proses hukum yang berlaku,” ucapnya.

Selain itu dia juga meminta agar patroli polisi ditingkatkan, agar wilayah Balikpapan Utara dan Tengah dalam kondisi aman. “Ya saya minta patrolinya ditingkatkan, kalau ada Polisi lewatkan orang yang mau berbuat kejahatan bisa gak jadi,” pungkasnya.

Diketahui, sampai saat ini Polisi masih melakukan pengembangan terkait kasus tersebut, serta mengejar pelaku lainnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *