Metro Kaltim

Bripka Wasian, Ketua RT Yang Sukses Membangun Sejumlah Fasum Dari Swadaya Warganya

Balikpapan, Metrokaltim.com – Selama hampir lima tahun menjabat sebagai Ketua RT 70 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Bripka Wasian, sudah banyak fasilitas umum (fasum) yang dibangun di lingkungannya. Yang lebih membanggakannya lagi semua fasum ini dibangun dari swadaya masyarakat tanpa ada bantuan dari dana pemerintah kota.

Sejumlah fasum yang berhasil dibangun, diantaranya gapura RT 70, masjid Al-Barokah, pos kamling, gudang untuk fasum, mobil ambulan hingga sepeda motor untuk patroli siskamling. Dan terbaru kantor TPA Al-Barokah yang baru diresmikan pada Sabtu (31/8) malam.

“Alhamdulillah, semua ini berkat dukungan Kapolsek Balikpapan Timur Kompol Suhartanta dan Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, serta warga RT 70,” ucap Wasian.

Bahkan, pos kamling RT 70 ini sempat meraih juara tiga se provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2018 lalu, dalam rangka HUT Bhayangkara. “Malam ini kami meresmikan kantor TPA Al-Barokah, semua pembangunan di lingkungan RT 70 tersebut adalah swadaya dari masyarakat dan tidak ada bantuan dari pemerintah sedikit pun,” beber peria yang merupakan anggota Reskrim Polres Balikpapan ini.

Jika dinilai dengan uang, total swadaya masyarakat ini mencapai Rp 5 miliar. Semua keberhasilan ini karena kekompakan warga yang dipimlin oleh Bripka Wasian.

Hal itu diungkapkan oleh Lurah Manggar, Hj Nursiah, bahkan dia memberikan apresiasi kepada Ketua RT 70 beserta warganya, lantaran ini merupakan suatu hal yang sangat luar biasa menurutnya.

“Ini suatu hal yang luar biasa, berdirinya kantor TPA ini merupakan swadaya masyarakat, luar biasa pak RT nya, pak RT yang menggagas ini dan masyarakat semua ikut, membangun kantor ini dan diperuntukan bagi warga,” timpal Hj Nursiah.

Dengan berdirinya Kantor TPA Al-Barokah di lingkungan RT 70 Manggar ini diharapkan dapat mencetak generasi-generasi cinta Al-Quran. Dia juga berharap RT lainnya di wilayah Manggar dapat mencontoh RT 70 yang swadaya masyarakatnya terbilang tinggi.

“Saya berharap semua RT ada TPA, dan sebagian masih menggunakan masjid sebagai tempat kegiatan, kalo ada yang menghibahkan tanahnya seperti ini kan lebih baik, hampir diseluruh rt ada tpa dan posyandu, saya berharap semua ada tempat khusus sepeti ini agar tidak mengganggu kegiatan yang ada di masjid ketika mereka ada pendataan ada wadahnya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol Fx Suhartanta mengatakan dengan adanya TPA ini diharapkan anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa tidak lagi melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat usai pulang dari sekolah.

“Kedepan menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, berbakti kepada kedua orang tua dengan dibekali ilmu sejak dini. Sehingga anak-anak kita terbiasa langsung mengaji, tidak main hp liat youtube pulang dari sekolah,” tandas Hartanta sapaan akrabnya.

Dalam acara peresmian kantor TPA Al-Barokah tersebut selain dihadiri oleh Lurah Manggar, Kapolsek Balikpapan Timur, juga dihadiri oleh Ketua LPM Manggar Gasali, serta ketua RT yang berdampingan dengan RT 70 dan warga sekitar.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *