Budiono Minta Warga untuk Tidak Percaya Isu Vaksin

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan kembali menggelar Vaksinasi tahap kedua untuk pelayanan publik di Dome BSCC Sepingan, Balikpapan Selatan, Sabtu (13/3). Salah satu pelayanan publik yang mengikuti vaksin yakni anggota DPRD Balikpapan.

Wakil Ketua DPRD kota Balikpapan Budiono, mengingatkan masyarakat untuk tidak percaya isu yang berkembang terkait vaksin covid-19. Vaksinasi dosis pertama yang dilakukan tidak mengalami efek apapun pasca disuntik vaksin.

“Vaksin kedua kan sudah terjadwal hari ini (13/3), saya harus mengikuti. Saya ingatkan ke masyarakat, bahwa divaksin yang pertama tidak mengalami efek apa-apa, baik nyeri, ngilu atau yang katanya nafsu makan bertambah, tidak ada,” ujar Budiono saat ditemui awak media.

Dirinya mengatakan, vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19, selain dengan tetap menerapkan protokol kesehatan juga, meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

“Saya ingatkan warga. Ini adalah upaya masyarakat selain protokol kesehatan, menambah kekebalan imun seseorang,” jelasnya.

Sementara vaksinasi di Balikpapan masih terbatas dan diprioritaskan terlebih dahulu bagi pelayan kesehatan, pelayan publik termasuk DPRD Balikpapan dan Lansia. Dan untuk warga yang belum divaksin harap bersabar, karena jatah vaksin dari pusat juga terbatas.

Ia memastikan seluruh warga Indonesia usia 18 tahun keatas akan divaksin sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun ketika memiliki penyakit harap konsultasi ke dokter.

“Jangan percaya dengan isu yang berkembang soal vaksin apalagi takut jarum suntik,” imbuhnya.

Dirinya berharap masyarakat mendukung program vaksinasi pemerintah, sebagai upaya menekan covid-19 khususnya di Balikpapan.

“Kami lihat nanti kurvanya, jika hunian di rumah sakit bagi yang terpapar juga turun, artinya banyak kamar kosong. Dan kalau sudah divaksin semua, maka covid-19 tidak ada di Balikpapan dan Indonesia. Walaupun berkembang virus B117,” ungkapannya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *