Metro Kaltim

Buka Turnamen Catur Dispora Cup I Kutim, Ketua KONI dan Kadispora Beradu Catur dengan Atlet Berprestasi

Sangatta, Metrokaltim.com – Turnamen Catur yang di gelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Cup I 2019 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang berlangsung Selasa (29/10), di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Kecamatan Sangatta Utara, dibuka langsung Kepala Dispora Kutim, Basrie yang didampingi Ketua Harian KONI Kutim Heriansyah Masdar dan Kabid Pembudayaan Olah Raga Dispora Kutim Adiluddin AS, M.Pd juga Sekretaris Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kutim.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia pelaksana dalam hal ini melalui Kabid Pembudayaan Olah Raga Dispora Kutim Adiluddin mengungkapkan, gelaran turnamen Catur Dispora Cup I Kutim peserta terdiri dari kategori pelajar SD, SMP, SMA/SMK. “Sejak dibukanya pendaftaran para peserta yang terdiri dari pelajar mencapai ratusan peserta,” terangnya.

Yang mana nantinya hasilnya para pemenang akan dipersiapkan dalam mengikuti tahapan turnamen lomba catur selanjutnya, yaitu melalui Pekan Olah Raga Pelajar Tingkat Provinsi Kaltim yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau pada tahun 2020 mendatang.

Pada Sambutannya Kepala Dispora Kutim mengatakan Basrie mengungkapkan, sejak dipercaya menjabat sebagai Kadispora Kutim pelaksanaan turnamen catur oleh dinasnya merupakan agenda lomba pertama kalinya pada cabang olahraga catur.

Ketua KONI Kutim Heriansyah dan Kadispora Basrie, berhadapan dengan atlet catur berbakat dan berprestasi, tanda dibukanya turnamen Catur Dispora Cup I Kutim 2019.

“Tentunya turnamen catur ini dimasa-masa mendatang akan terus berlanjut dalam setiap tahunnya. Melalui turnamen ini pula sebagai media dalam mengasah bakat dan peningkatan prestasi, serta melahirkan bakat-bakat pecatur terhitung secara dini dengan berlanjut di berbagai tingkatan kategori usia para peserta,” beber Basrie.

Sedangkan Ketua Umum Harian KONI Kutim Heriansyah Masdar memberikan apresiasi positif atas terjalinnya sinerginitas antara Dispora Kutim dengan KONI Kutim dalam membesarkan berbagai cabor olahraga termasuk cabor catur.

“Saya sangat sepakat sekali dengan adanya turnamen Catur Dispora Cup Kutim ke – I tahun 2019 ini sebagai wadah pencarian bakat atlit catur berprestasi. Serta selanjutnya dalam memasuki tahapan persiapan cabor catur yang akan dilombakan pada Pekan Olahraga Pelajar tingkat Kaltim di Berau nantinya,” tutur Ketua KONI kepada awak media MetroKaltim.com, saat di wawancarai.

Majunya perkembangan berbagai cabor catur, segenap pelaksana turnamen catur pelajar baik dari Dispora Kutim maupun KONI Kutim mengakui tak lepas dari dorongan dan dukungan Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar,MT bersama Wabup Kutim H Kasmidi Bulang. ST.MM.

Digelarnya pembukaan turnamen catur ini ditandai dengan adu bermain catur antara Ketua KONI Kutim Heriansyah dan Kadispora Basrie, berhadapan dengan atlet catur berbakat dan berprestasi yang banyak meraih mendali emas, putra kandung dari Kasi Pengelolaan Lahan Dan Air pada Dinas Pertanian Kutim sekaligus sekretaris Percasi Kutim, Ahmad Witro, melalui sang buah hati Bayanaka Muhammad Nashih.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *