Metro Kaltim

Bupati Dan Ketua DPRD Kutim Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Jakarta, Metrokaltim.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di tingkat Pemerintahan Pusat, pada Rabu (13/11) yang berlangsung di Sentul International Convenction Center (SICC) Sentul Kabupaten Bogor.

Rakornas tersebut diikuti 3000 pejabat terdiri dari kepala daerah seperti Gubenur, Bupati, Wali Kota, Ketua DPRD tingkat I dan II, Danrem, Kapolda, Dandim, Kapolres, Kajati dan Kajari.

Dalam pelaksanaan rakornas, dalam hal ini Kabupaten Kutai Timur dipimpin langsung oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar, MT, Ketua DPRD Kutim Bunda Encek UR Firgasih, SH., MAP.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengungkapkan usai mengikuti Rakornas bertema-kan “Indonesia Maju” Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ada dua hal substansial yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka rakornas.

“Adapun dua hal penting yang dimaksudkan Bapak Presiden Jokowi terkait dengan penciptaan lapangan kerja dan investasi,” ungkapnya.

Bupati Kutai Timur menjelaskan point pertama yaitu investasi dan lapangan kerja yang tak dapat dipisahkan. Kemudahan investasi akan menciptakan lapangan kerja dan mampu menyerap tenaga kerja.

Kedua poin ini sangat ditekankan Presiden dalam mendukung Indonesia Maju. Seluruh Pemerintah Daerah dan unsur Forkopimda di instruksikan mendukung dan bekerjasama dalam memperbaiki iklim investasi agar dapat menyerap tenaga kerja.

“Persoalan lapangan kerja dan investasi erat kaitannya dengan keamanan dan kelancaran perizinan. Hal ini perlu didukung oleh aparat penegak hukum yang memberikan jaminan keamanan. Selain itu, pejabat didaerah diminta menjalankan kemudahan perizinan investasi. Pemangkasan birokrasi perizinan perlu dilakukan untuk meningkatkan transaksi neraca berjalan dan neraca perdagangan. Sehingga berdampak pada kepercayaan investor untuk berinvestasi dalam negeri,”jelas Bupati

Bupati Ismunandar berharap “ Semoga dengan sinergi antara Pemkab Kutim dan unsur Forkopimda yang sudah terjalin baik selama ini, dapat menguatkan iklim investasi di Kabupaten Kutim. Tentunya dengan dukungan, doa dan restu seluruh masyarakat Kutim,” pungkas orang nomor satu di Pemkab Kutim ini.

(Aji/ Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *