Metro Kaltim

Cegah DBD Dimusim Penghujan, Ini Yang Dilakukan Wabup Kutim Kasmidi Bersama Sejumlah Komunitas di Sangatta

Sangatta, Metrokaltim.com – Kegiatan Fogging di Desa Masabang Sangatta Selatan, yang di adakan komunitas RKB, KB Setia, Kompak, GAM dan masyarakat Masabang yang di hadiri Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, ST,.MM, pada Minggu (1/12).

Kasmidi mengatakan Kegiatan fogging yang diadakan oleh komunitas ini untuk mencegahan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), lantaran sudah memasuki musim penghujan. Penyakit DBD adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Beberapa jenis nyamuk menularkan atau menyebarkan virus dengue.

“Saya berharap di Desa Masabang ini jangan ada korban (DBD, Red) demam dengue, juga disebut sebagai breakbone fever atau bonebreak fever (demam sendi, Red), karena dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam, sakit kepala, kulit kemerahan yang tampak seperti campak, serta nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa,” terang Wabup Kasmidi.

Wabup Kutim Kasmidi, saat ikut dalam fogging di Desa Masabang.

Kasmidi juga mengharapkan dengan fogging yang di lakukan dapat menguragin perkembang biakkan nyamuk berbahaya seperti aides aegypti.

“Bentuk pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah, Red), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku, Red). Bentuk kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya,” imbuhnya.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *