Cegah Stunting, DPC PDIP Balikpapan siapkan 1.000 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Balita

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – DPC PDI Perjuangan kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Dapur Umum Gerakan Bebas Stunting, melalui masakan sehat untuk ibu hamil dan balita sesuai dengan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Senin (23/1/2023).

Ketua DPC PDI-Perjuangan kota Balikpapan Budiono menjelaskan, kegiatan dapur umum PDIP ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, yang diperintahkan DPP PDIP berdasarkan surat DPP nomor 4752 yang bunyi instruksi kepadanya adalah DPD, DPC, anggota fraksi dan kepala daerah.

“Untuk DPC PDIP Balikpapan, kegiatan ini tentunya juga melibatkan caleg,” ucap Budiono disela kegiatan, Senin (23/1) siang.

Kegiatan ini juga dalam rangka HUT ke 50 PDIP dan hari ini (23/1) tepat Ulang Tahun Ketua Umum DPP PDIP Hj Megawati Soekarno Putri ke 76 tahun.

Pelaksanaan dapur umum ini sebagai gerakan hidup sehat dengan memberikan makanan sehat kepada ibu hamil dan balita, bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting sejak dini.

“Kebetulan stunting di Balikpapan juga cukup mengkhawatirkan ada sekitar 2 ribu lebih,” akunya.

Untuk jumlah makanan sehat yang disiapkan DPC PDIP Balikpapan ada 1.000 porsi. Yang akan dibagikan untuk wilayah kelurahan dan kecamatan di Balikpapan berdasarkan data yang diterima DPC Balikpapan.

“Selain itu, DPP juga menginstruksinya kegiatan penghijauan tanggal 28 Januari 2023. Karena kita konsen melakukan penghijauan dan pembersihan di aliran DAS maupun Pantai. Dan rencananya penghijauan akan dilakukan DPC Balikpapan 28 Januari di Pantai Seraya Sepinggan, Balikpapan Selatan,” jelas Politikus PDIP.

Lebih jauh, Sekretaris DPC PDIP Balikpapan Suwanto menambahkan, target ini adalah kehidupan anak 1.000 hari untuk mencegah stunting. Sasaranya nanti bagaimana program stunting ini bisa menurun, mengingat di Balikpapan ada 2001 ribu orang (7 persen), semoga bisa menurun.

“Target kami 1.000 awal kehidupan dari pada anak-anak bayi,” tambahnya.

Menurut Ketua Panitia DPC PDIP Balikpapan Amir, yang pasti di wono rejo puncak ini menyambut baik kegiatan ini, karena dilingkungannya ada partai yang memang peduli dengan stunting. Karena kebetulan di Balikpapan Utara stunting cukup tinggi.

“Dan satu penghargaan buat kami, bahwa ketua umum kami sangat peduli dan car terhadap masalah stunting yang ada di Balikpapan,” terangnya. (mys/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.