Cegah Stunting, Najib Bagikan 143 Timbang ke Posyandu se-Balut

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Untuk mengatasi permasalahan stunting di kota Balikpapan, peran serta semua pihak sangat diperlukan dalam mengantisipasi tingginya kasus stunting.

Bahkan berbagai upaya telan dilakukan, mulai dari pemberian makanan tambahan yang bergizi, serta dibutuhkannya perlengkapan penunjang posyandu seperti alat timbang balita.

Sebagai bentuk kepedulian, Anggota DPRD kota Balikpapan Muhammad Najib memberikan bantuan berupa peralatan timbang bayi sebanyak 143 unit untuk para kader Posyandu se-Balikpapan Utara (Balut).

“Timbangan ini untuk menunjang kegiatan masyarakat, khususnya saat pemeriksaan kesehatan bayi dan anak dibawah lima tahun (balita) di Posyandu,” ucap Najib kepada awak media, Senin (10/7/2023).

Penyerahan timbangan dilakukan di Aula  Kecamatan Balikpapan Utara, saat dialog warga dengan tema pengawasan implementasi perda tentang perlindungan anak dan penguatan posyandu.

Dalam dialog, ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan untuk para kader Posyandu dalam memantau tumbuh kembang Balita secara akurat. Karena selama ini banyak Posyandu yang belum mempunyai alat timbangan bayi.

“Dengan timbangan yang akura kami bisa memonitor, misalnya bulan ini berat badan Balita 6 kg, selanjutnya apa ada kenaikan atau tidak. Kami motivasi orang tua kalau bisa berat balita bulan depan harus naik,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, penanganan stunting adalah tanggung jawab bersama, sehingga peran serta masyarakat dan semua pihak sangat diperlukan, sebab hal itu menyangkut masa depan generasi penerus bangsa.

“Semua harus saling bahu membahu dalam upaya percepatan penurunan stunting. Artinya semua perlu sinergi, tindaklanjut action dan berharap penurunan stunting dapat dituntaskan,” harapannya. (mys/ries)

168

Leave a Reply

Your email address will not be published.